POLITIK

Begini Alur Debat Calon Gubernur Maluku Nanti Malam di Baileo Siwalima

Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun/Serambi Maluku.com

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Debat kandidat tiga calon gubernur dan wakil gubernur Maluku untuk putaran pertama akan berlangsung di Baileo Siwalima, Karang Panjang, Ambon, Senin (7/5/2018) mala mini pada Pukul 19.00 WIT.

Debat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Maluku periode 2018-2023 yang akan disiarkan secara langsung di stasiun TVRI ini mengangkat tema ‘Upaya Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Untuk Kesejahteraan Masyarakat Demi Kemajuan Daerah’.

Adapun debat calon gubernur dan wakil gubernur Maluku ini akan dipandu oleh Rina Tahalessy. Dalam acara ini ada enam sesi yang akan diikuti oleh para kandidat mulai dari acara pembukaan hingga acara penutupan.

Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, setelah acara pembukaan, para kandidat kemudian diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi selama kurang lebih tiga menit.

“Segmen pertama itu pembukaan, kedua penyampaian visi misi, kita kasih 3 menit. Ini beda dengan daerah lain, kalau daerah lain itu hanya 1 stengah hingga dua menit tap kita kasih tiga menit agar para kandidiat bisa menyampiakan dengan baik sehingga masyarakat bisa tahu apa visi misi mereka,”ungkapnya, kepada wartawan di Kantornya, Senin (7/5/2018).

Selanjutnya kata Kubangun pada sesi ketiga, para kandidat akan diberikan waktu untuk mempertajam visi misi yang berkaitan dengan tema, selanjutnya segmen keempat pertanyaan seputar tema dan kelima setiap kandidat akan saling bertanya dan menanggapi pertanyaan dari kandidat lainnya.

“Segmen kelima itu yang inti, jadi sistemnya bertanya kemudian menjawab antara sesama calon, calon nomor satu bertanya ke calon nomor dua kemudian calon nomor dua menjawab, setelah itu calon nomor satu bertanya kepada calon nomor tiga kemudian calon nomor tiga menjawab begitupun sebaliknya. Dalam segmen ini nanti juga ada sanggahan setiap calon akan memberikan tanggapannya juga,”paparnya.

Dia menjelaskan, untuk pertanyaan kepada para kandidat, akan disiapkan dalam amplop, selanjutnya para pasangan akan mengambil setiap amplop berisi pertanyaan selanjutnya akan diberikan ke pemandu acara.

“Pertanyaan sudah disisi dalam amplop nanti pasangan ambil kasih kepada pemandu lalu pemandu berikan pertanyaan. Untuk pertanyaans eputar tema juga begitu semua didalam amplop,”katanya.

Dia pun mengimbau kepada para pendukung agar tertib mengikuti acara debat nanti, sebab acara tersebut akan disiarkan secara langsung melalui televisi,”Kita sudah kasi tata tertib, random acara, kita juga minta agar para pendukung tertib karena ini live,”katanya (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top