AMBOINA

Bencana Kekeringan Mengintai Kota Ambon

Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Sejumlah daerah resapan air di Kota Ambon terus beralih fungsi menjadi tempat pemukiman warga.

Banyaknya daerah resapan air yang terpaksa beralih fungsi itu disebabkan karena persoalan lahan yang semakin sempit.

Kondisi itu ikut menyebabkan masyarakat di Kota Ambon kini mulai merasakan dampak kekurangan air bersih. Bahkan Kota Ambon terancam mengalami kekeringan jika daerah-daerah resapan air yang ada di Kota Ambon terus beralih fungsi menjadi daerah pemukiman.

Wakil Wali Kota Ambon, Syarief Hadler mengakui jika beberapa daerah resapan air di Kota Ambon yang kini telah berubah menjadi daerah pemukiman warga itu bakal menjadi ancaman serius jika tidak segera diatasi sejak saat ini.

“Kita punya sumber air terbatas bahkan sudah habis, oleh karena itu saya himbau warga Kota Ambon semua gunakan air sesuai kebutuhan dan jika masyarakat ingin butuh tempat tinggal, jangan di area air atau daerah resapan air,”kata Syarif, Jumat (23/3/2018).

Dia mengatakan air merupakan sumber kehidupan tidak hanya untuk manusia namun juga bagi lingkungan hidup, karenanya masyarakat harus memiliki kesadaran untuk menjaga ketersediaan sumber air yang ada di Kota Ambon.

“Masyarakat harus sadar bahwa air itu sumber kehidupan yang harus dapat dilestarikan,”katanya.

Dia mengaku sumber air di Kota Ambon saat ini sudah sangat terbatas, kondisi itu terjadi karena banyak daerah resapan air telah dijadikan sebagai tempat pemukiman. Karena itu dia berharap agar kedepan daerah-daerah resapan air agar tidak lagi dijadikan sebagai pemukiman warga.

“Jangan lagi membangun di daerah resapan air, itu snagat membahayakan bagi ketersediaan sumber air di Kota Ambon,”katanya.

Selain adanya alih fungsi lahan, kerusakan hutan yang terjadi juga menjadi salah satu penyebab debit air terus berkurang dan menyebabkan sumber air di Kota Ambon terus menipis.

“Ini ancamannya, kita akan keurangan air bersih sekarang musim panas sudah mulai terasa di mana-mana beberapa tempat sudah mulai kekurang air bersih, selain itu juga yang harus kita beri perhatian termasuk pembuangan sampah,”pungkas dia.(SMK).

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top