by

BKSDA Siapkan Jaring untuk Menangkap 4 Buaya di Pelabuhan Ambon

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku menyiapkan jaring untuk menangkap empat ekor buaya yang dilaporkan warga kerap muncul di kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Penampakan empat ekor buaya di sekitar pelabuhan Ambon itu dilaporkan warga ke BKSDA lantaran kemunculan hewan buas tersebut kerap meresahkan warga di kawasan itu.

Kepala BKSDA Maluku, Mukhtar Amin Ahmadi mengatakan pihaknya mendapatkan laporan dari warga terkait kemunculan empat ekor buaya tersebut pada, Senin (7/1/2019) kemarin sore. Dan setelah menerima laporan dari warga, BKSDA kemudian menyiapkan langkah untuk menangkap buaya-buaya tersebut.

“Kita nanti akan coba memakai jarring untuk menangkap buaya-buaya itu,”kata Mukhtar, Selasa (8/1/2019).

Dia menyebut dari laporan warga ke BKSDA yang melihat kemunculan buaya tersebut, ada seekor buaya yang panjangnya kurnag lebih 3 meter dan tiga ekor buaya lainnya diperkirakan berukuran satu meter.

Mukhtar mengungkapkan, warga yang melaporkan kemunculan buaya-buata tersebut mengaku sempat melihat hewan reptil itu muncul di gorong-gorong tak jauh dari kawasan Pelabuhan dan juga di perairan dekat Pasar Mardika Ambon.

“Itu bukan buaya muara karena moncongnya panjang kalau buaya muara kan moncongnya tidka panjang, nah itu yang sedang kami identifikasi. Kayaknya itu buaya laut lalu masuk ke gorong-gorong sana, dan disitu nampaknya ada bangkai kucing segingga dia (buaya) keluar,”ungkapnya.

Dia menambahkan jika buaya-buaya tersebut telah ditangkap, pihaknya berencana akan merelokasi buaya-buaya tersebut ke habitatnya yang lebih aman dan jauh dari masyarakat.

“Kita coba nanti relokasi ke habibat aman, biasanya itu di Seram Bagian Barat, kita ada beberapa kali kesana relokasi,”ujarnya. (SMK)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI