by

BPOM dan Pemda SBB Gelar Bimtek Keamanan Pangan Jajan  Anak di Sekolah

loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Balai Pangan Obat dan Makanan (BPOM ) Maluku menggelar bimbingan Teknis Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah kepada para guru SD dan SMP di kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Kegiatan yang dilakukan atas kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seram Bagian Barat itu berlangsung di Aula rapat SMPN 1 Seram Barat di Piru, Kamis (15/8/2019).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pindidikan dan Kebudayaan SBB Dr.M.Sangaji,  Kepala Bidang Yayasan Kesehatan Dinkes SBB, Johnison Rarsina, PFM Ahli Muda  Badan POM Maluku, M. Viva Agusta dan para undangan lainnya.

Kepala Dinas Pindidikan dan Kebudayaan  SBB M.Sangaji  dalam arahan pembukaan acara tersebut mengatakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan usaha strategis untuk meningkatkan kualitas SDM, sebab SDM bisa terlihat dari pendidikan dan kesehatan.

“Saat ini yang menjadi leading sector UKS adalah Dinas Pendidikan. Semoga UKS tidak hanya sekadar lomba sekolah sehat, dan dokter kecil,  Tetapi juga menjadikan sekolah yang bisa mempromosikan kesehatan, dan meningkatkan kualitas anak-anak”  ujar sangaji

Sangaji mengatakan Bahan Tambahan Pangan (BTP) berbahaya  selama ini masih seringkali diemukan dalam jajanan anak sekolah, ” BTP sejenis formalin, boraks, pewarna tekstil masih saja digunakan pedagang jajanan nakal.” Sebut sangaji.

“Saat ini Dinas Pendidikan   sedang mempersiapkan calon pemimpin untuk generasi SBB yang lebih baik, generasi yang diharapkan, tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga memiliki keterampilan dan sikap bagus.”ungkapnya.

Pada prinsipnya, Konsep UKS tidak hanya sekolah sehat saja, tetapi juga pendidikan karakter (sehat rohani). “Mari kita memahami lebih luas tentang UKS sebagai program terpadu, dan terkoordinasi dengan semua dinas.” Sebut sangaji.

Dia berharap agar semua pihak dapat mempelajari dan pahami pedoman/ trias UKS, yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat.” Kesehatan anak sekolah lewat pedoman ,ketentuan  dalam pelayanan kesehatan  lingkungan sekolah  sehat” ujar sangaji. (SMF)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI