MALUKU

Brigjen Pol Ahmad Wiyagus Resmi Jabat Wakapolda Maluku

Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Ahmad Wiyagus bersama mantan Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Hasanuddin melakukan salam komando usai acara serah terima jabatan, Jumat (22/6/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Brigjen Pol Ahmad Wiyagus resmi menjabat Wakapolda Maluku, menggantikan Brigjen Pol Hasanuddin yang dimutasi sebagai analis kebijakan utama bidang Bindiklat Lemdiklat Polri.

Proses pelantikan dan serah terima jabatan dari Hasanuddin ke Wiyagus dipimpin langsung Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto di kantor Polda Maluku, Jumat (22/6/2018).

Sebelum menjabat sebagai Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Ahmad Wiyagus sebelumnya menjabat sebagai Dirtipikor Bareskrim Polr.

Dalam sambutannya, Kapolda mengatakan mutasi jabatan merupakan hal biasa dalam tubuh Polri sebagai bentuk pembinaan karir dan proses regenerasi. Sehingga mutasi jabatan yang dilakukan harus dapat lebih meningkatkan kinerja dan semangat kerja pejabat yang baru.

“Pergantian jabatan di tubuh Polri sudah menjadi hal yang biasa. Harapannya Wakapolda yang baru dilantik dapat lebih meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugasnya,”kata Andap.

Andap mengingatkan masa kampanye masih akan berlangsung hingga tanggal 23 Juni dan akan dilanjutkan dengan masa tenang dalam menghadapi pencoblosan, sehingga diperlukan kerja keras dalam mengamankan Pilkada Maluku agar dapat berlangsung aman dan lancar.

Menurut Andap selaku penanggung jawab kebijakan operasi Mantap Praja Siwalima 2018 dalam rangka pengamanan Pilkada, maka aparat kepolisian harus dapat membangun sinergitas dengan semua pihak termasuk masyarakat untuk menciptakan Pilkada yang berkualitas.

“Kami berharap ada sinergitas dan kerjasama dengan semua pihak termasuk masyarakat untuk sama-sama mnejaga situasi keamanan di Maluku tetap aman dan damai,”ujarnya.

Dia menjelaskan, Polda Maluku sejauh ini terus berupaya untuk mewujudkan situasi yang kondusif menjang Pilkada serentak di Maluku. Rencananya kata Andap, Polda Maluku juga akan menggelar tabliq akbar dan dzikir bersama di Masjid Raya Al Fatah Ambon dengan menghadirkan Ustazah Mama Dedeh.

Selain itu menjelang pencoblosan, Polda Maluku juga akan melakukan pengamanan di tempat-tempat pemungutan suara (TPS) agar Pilkada dapat berlangsung aman dan tertib. Menurut dia untuk kegiatan pengamanan di TPS Polda Maluku telah menggelar apel persiapan dan memberikan pembekalan untuk setiap personel yang akan bertugas.

Dia memaparkan semua rencana tersebut akan berjalan mulus jika ada kerjasama yang baik dari TNI Polri dengan pemerintah daerah, penyelenggra pemilu dan juga semua eleman masyarakat Maluku dalam menajaga soliditas dan kebersamaan.

Dia juga menekankan bahwa dalam Pilkada Maluku, Polri tetap akan bersifat netral dalam menjalankan tugasnya, apalagi Polri tidak mempunyai hak politik untuk memilih calon kepala daerah. Karenanya dia mengimbau jika ada dugaan keterlibatan oknum anggota Polri dalam Pilkada masyarakat bisa langsung melaporkan ke Bawaslu.

“Polri tidak mempunyai hak pilih, dan Polri tetap akan netral. Jika ada dugaan pelanggaran yang dilakukan silahkan laporkan ke Bawaslu,”ujarnya. (SMW)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top