MALUKU

Bupati Malteng Puji Gebrakan Kapolda Maluku Pelihara Kantibmas

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Berbagai gebrakan yang dilakukan Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto untuk memelihara kerukunan, perdamaian dan persoalan kantibmas di wilayah Maluku menuai pujian.

Pujian terhadap kinerja Kapolda Maluku ini disampaikan Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua atas berbagai langkah mantan Kapolda Sulawesi Tenggara itu dalam upaya mendamaikan desa-desa yang terlibat pertikaian di wilayah Maluku Tengah.

“Walaupun baru dua bulan bertugas di Maluku tapi kinerja beliau (Kapolda) sangat bagus untuk menyelesaikan berbagai masalah kamtibmas di Maluku Tengah,”kata Abua kepada Serambi Maluku (serambimaluku.com), Rabu (9/5/2018).

Abua menjelaskan, langkah gesit Kapolda Maluku untuk berupaya mendamaikan desa-desa yang terlibat pertikaian di Kecamatan Leihitu merupakan sebuah langkah serius demi mewujudkan kedamaian di wilayah tersebut.

“Luar biasa, ini menandakan bahwa beliau itu serius sekali untuk memelihara masalah kantibmas di daerah ini. Ada negeri-negeri yang belum selesai itu akan diselesaikan”ujarnya.

Dia mengatakan pertemuan yang dilakukan Kapolda dengan para raja, tokoh masyarakat, tokoh agama di Kecamatan Leihitu, merupakan cara Kapolda untuk memetakan berbagai persoalan di masyarakat yang terjadi agar dapat dicari solusi penyelesaiannya.

“Beliau ingin mengetahui akar permasalahannya apa dan ingin menyelesaikannya, jadi kerjanya sangat cepat padahal baru dua bulan di Maluku,”katanya.

Abua mengatakan langkah Kapolda Maluku ini patut diapresiasi dan didukung penuh oleh semua lapisan masyarakat. Dia mengaku keberhasilan Polda Maluku dalam mendamaikan pertikaian antara Desa Hitu dan Wakal merupakan bukti bahwa Kapolda Maluku sangat berkeinginan kuat agar seluruh desa di Maluku Tengah dapat hidup dengan damai.

“Untuk Hitu Wakal kemarin kan sudah selesai, sedangkan negeri-negeri lain perlahan lahan Insya Allah juga bisa diselesaikan,”sebutnya.

Abua sendiri mengaku ikut mengajak warga di Leihitu agar hidup berdampingan dan mengakhiri segala bentuk perselisihan yang selama ini terjadi. Selanjutnya dia juga meminta Kapolda Maluku agar dapat menyelesaikan persoalan kamtibmas yang ada di wilayah lainnya di Maluku Tengah agar semua masyarakat dapat hidup dalam kedamaian.

“Untuk itu  beta mintakan kepada beliau agar tidak hanya di daerah Jazirah Leihitu tapi juga di Pulau Haruku, Saparua, Nusa Laut,”pintanya (SMJ).

 

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top