EKONOMI

Bupati Yasin Payapo Resmi Enam Pasar Tradisional di SBB

Bupati SBB, Yasin Payapo bersama Sekratris Daerah Maluku, Mansur Tuharea saat meresmikan enam pasar tradisional yang dipusatkan di Negeri Luhu, Kecmataan Huamual, Rabu (31/1/2018)

PIRU,SERAMBIMALUKU.com- Bupati Seram Bagian Barat, Muhammad Yasin Payapo meresmikan  enam pasar tradisioanal di SBB yang mulai dibangun sejak tahun 2017 oleh Pemerintah daerah.

Enam pasar yang diresmikan itu yakni Pasar Negeri Luhu dan pasar Dusun Olas, Desa Loki Kecamatan Huamual, Pasar Negeri Latu dan Pasar Negeri Seriholo Kecamatan Amalatu, dan Pasar Negeri Uwen Pantai Kecamatan Taniwel Timur serta pasar Negeri Waesala Kecamatan Huamual Belakang.

Acara peresmian enam buah pasar tradisonal ini dipusatkan di Negeri Luhu, Kecamatan Huamual, Rabu (31/1/2018).

Menurut Yasin Payapo enam buah pasar tersebut, dibangun dengan menggunakan anggaran dari APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) serta APBD SBB tahun anggaran 2017. Pembangunan enam pasar itu  berdasarkan perintah program Nawacita Presiden Joko Widodo terkait rumusan pembangunan di sektor perdagangan.

“Sebagaimana rumusan poin-poin yang ada dalam program Nawacita, Pak Presdin Jokowi dan Pak JK, telah berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas ekonomi rakyat serta daya saing internasional. Nah, Pembangunan sentra ekonomi berupa pasar tradisonal baru kita resmikan ini, adalah salah satu penopang utama untuk mewujudkan program nawacita tersebut,” ujar Payapo.

Dioperasikannya enam buah pasar itu, diharapkan selain dapat mendukung adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Semoga kiranya dengan adanya kehadiran pasar-pasar ini, pertumbuhan ekonomi di SBB bisa meningkat, masyarakat bisa sejahtera serta kehadirannya juga bisa menggenjot PAD kita,” harapnya.

Dia menambahkan, selain enam buah pasar tersebut, saat ini Pemda SBB juga sedang menggagas adanya pembangunan pasar tradisonal di Kecamatan Kepulauan Manipa dan Kecamatan Elpaputih. Direncanakan, pembangunan dua pasar baru itu, akan mulai dikerjakan pada tahun ini.

Olehnya itu, dia meminta kepada semua elemen masyarakat di SBB agar memberikan bisa dukungan sepenuhnya kepada Pemda SBB untuk bisa merealisasikan program tersebut.

“Dukungan yang kami maksudkan, terutama menyakut penetapan lokasi pembangunan pasar. Kami berharap agar saat penetapan lokasi, tidak ada komplain dari warga yang punya lahan,” ujarnya. (SMN)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top