AMBOINA

Cari Sarden Bercacing, Satgas Pangan Polda Maluku Sisir Supermarket

Satgas Pangan Polda Maluku bersama BPOM dan Disperindag menggelar razia ikan sarden kemasan mengansung cacing di sejumlah plpasar swalayan di Kota Ambon, Sabtu (24/3/2018). Foto: Humas Polda Maluku

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Aksi razia terhadap produk ikan sarden kemasan yang mengandung cacing gencar dilakukan sejumlah instansi berwenang di sejumlah daerah di Inddonesia termasuk di Kota Ambon.

Razia terhadap produk sarden kemasan itu terpaksa dilakukan di sejumlah daerah di Indoensia karena produk tersebut dianggap akan membahayakan kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya.

Di Ambon, tim Satgas pangan Polda Maluku bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Ambon, Dinas Perindsutrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku juga menggelar razia di sejumlah supermarket tang ada di Kota Ambon, Sabtu (24/3/2018).

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat menjelaskan, dalam razia tersebut, tim Satgas Pangan Polda Maluku dibagi mejadi dua tim. Untuk tim pertama dipimpin oleh Kasubdit I, AKBP H Tonny Kurniawan.

Tim pertama ini bertugas menyisir sejumlah supermarket seperti Swalayan Indo Jaya, Galaxy, Foodmart Amplaz, Citra, Hypermart, Dian Pertiwi, Swalayan Waiheru, Swalayan Alfa, Sawalayan Winkel hingga Hypermart ACC di Passo.

Sementara tim kedua dipimpin oleh Wadir Reskrimum Polda Maluku, AKBP Harold Wilson Huawe dengan mneyisir sejumlah supermarket seperti Swalayan Planet Wainitu, Planet AY Patty, Swalayan The Indah, Oasis, Planet Urimesing hingga Swalayan Super Mart.

“Tim Satgas Pangan Polda Maluku mencari tiga merek sarden kemasan yang mengandung cacing yakni IO, Hoki dan Farmerjack,”kata Ohoirat kepada waratwan.

Dia menjelaskan, dari hasil razia yang dilakukan disejumlah supermarket di Kota Ambon itu tim tidak menemukan adanya peredaran sarden kemasan mengandung cacing tersebut.

“Hari ini Ditreskrimsus dan Polres jajaran bersama BPOM dan Disperindag sudah melakukan pemeriksaan di pasar-pasar swalayan, namun belum ditemukan ikan sarden kemasan yang mengandung cacing,”paparnya.

Dia menjelaskan setelah melakukan razia di supermarket, Satgas Pangan Polda Maluku bersama BPOM dan Disperindag rencananya juga akan melakukan hal yang sama di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Ambon.

“Kegiatan razia akan terus dilakukan dengan sasaran pasar tardisional,”ujarnya (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top