AMBOINA

Cuaca Ekstrem, BPBD Kota Ambon Minta Warga Siaga Bencana

Ambon diguyur hujan lebat/Serambi Maluku.com

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon mengimbau kepada warga untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang melanda Kota Ambon dalam beberapa hari terakhir.

Ketua BPBD Kota Ambon Demy Paays mengingatkan warga berdomisili di daerah rawan bencana seperti di lereng-lereng gunung dan di daerah bantaran sungai agar lebih siaga lagi, mengingat kondisi cuaca di Kota Ambon yang sangat buruk.

“Khususnya bagi warga yang tinggal di bantaran sungai dan lereng-lereng bukit agar lebih waspada mengingat kondisi cuaca yang buruk saat ini,”kata Paays kepada waratwan, Jumat (18/5/2018).

Tingginya cyrah hujan dalam beberapa hari terakhir kata Paays sangat berpotensi terjadinya bencana banjir maupun tanah longsor sehingga warga harus lebih waspada dan dapat mengevakuasi diri secara mandiri jika terjadi musibah.

“Yang terpenting itu masyarakat bisa mengevakuasi dirinya secara mandiri jika tejradi sesuatu, makanya kita mengingatkan agar warga lebih waspada lagi,”katanya.

Dia menjelaskan hingga bulan Juli kedepan curah hujan di Kota Ambon akan mencapai puncaknya, sehingga dia menyarankan kepada warga yang tinggal di daeeah rawan bencana agar lebih waspada berhati-hati.

“Sekali lagi warga harus lebih tanggap dalam menghadapi ancaman bencana apalagi kedepan ini curah hujan akan semakin tinggi,”katanya.

Untuk mengantisipasi masalah bencana di Kota Ambon, pihaknya telah menyiagakan petugas jika terjadi situasi bencana termasuk untuk tindakan penanggulangan. Selain itu kata dia pihaknya juga telah menyiapkan kebutuhan untuk bantuan bencana.

“Kita juga sudah siaga termasuk menyiapkan logistic dan petugas di lapangan untuk penanggulangan bencana,”katanya (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top