Uncategorized

Cuaca Terus Memburuk, Polda Maluku Imbau Warga Waspada

Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Intensitas curah hujan yang tinggi dan cuaca buruk yang terus melanda wilayah Maluku dan Kota Ambon dalam beberapa pekan terakhir telah menyebabkan terjadinya musibah banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah.

Di Kota Ambon sendiri tercatat ada sejumlah kawasan yang mengalami musibah baik banjir maupun tanah longsor dalam sepekekan terakhir. Kondisi itu Masih beroptensi terjadi, mengingat intensitas curah hujan masih sangat tinggi di Kota Ambon.

Untuk mengantisipasi dampak buruk dari perbuahan cuaca yang ekstrim itu Polda Maluku pun mengimbau kepada warga Maluku khususnya Kota Ambon yang tinggal di daerah rawan bencana seperti bantaran sungai dan perbuktian untuk lebih meningkatkan kewaspadaan lagi.

“Mengingat kondisi cuaca yang sangat ekstrim, kami mengimbau kepada warga khususnya yang tinggal di daerah bantaran sungai dan perbukitan agar lebih waspada,”pinta Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Rabu (30/5/2018).

Andap juga mengingatkan warga khususnya pengguna jalan agar tidak memarkirkan kendaraannya di bawa pepohonan dan lebih waspada lagi selama berkendara di jalan raya.

“Hati-hati apabila melintas daerah rawan longsor dan banjir, dan diharapkan idak berteduh di dekat gardu atau tiang listrik,”katanya.

Selain itu Andap juga mengajak kepada warga apabila ada bencana alam seperti pohon tumbang, tanah longsor dan banjir,agar dilaporkan kepada pihak Kepolisian terdekat.

“Kalau ada musibah silahkan dilaporkan kepada aparat kepolisian terdekat, kami akan siap membantu,”ujarnya.

Dia menambahkan untuk mengantisipasi berbagai bencana yang dapat saja terjadi, Polda Maluku juga telah membentuk pasukan siaga bencana guna membantu warga yang mengalami musibah.

Pasukan siaga bencana bentukan Polda Maluku itu terdiri dari 1 kompi Brimob, 1 kompi Dit Sahbara, 1 kompi Dit Polair, Lantas dan dibantu Polres. Pasukan ini telah berulang kali dikerahkan untuk membantu warga yang tertimpa musibah seperti di kawasan Ahuru, Passo, Tantui, Waiheru dan sejumlah kawasan lainnya. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top