AMBOINA

Demo Kutuk Aksi Kekerasan Polisi, Aktivis HMI Cabang Ambon Sholat di Jalan Raya

Puluhan aktivis HMI Cabang AMbon menggelar sholat Ashar di atas badan jalan di depan Kantor Polsek Sirimau saat mereka menggelar aksi unjuk rasa di kawasan itu, Jumat (25/5/2018)
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Puluhan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon menggelar aksi solidaritas memprotes sikap represif polisi terhadap penanganan aksi demo 20 tahun reformasi yang berlangsung depan Istana Negara di Jakarta pekan lalu.

Dalam aksi itu, para aktivis HMI mengutuk keras tindakan kekerasan oleh oknum anggota polisi terhadap sejumlah kader HMI yang berunjuk rasa saat itu.

Menurut para pendmo, aksi represif yang ditunjukan aparat kepolisian telah melanggar ketentuan hukum yang berlaku serta nilai-nilai hak azasi manusia (HAM).

“Kami mengutuk keras aksi brutal yang dilakukan polisi terhadap rekan-rekan kami saat menggelar aksi unjuk rasa memperingati 20 tahun refermasi di depan Istana Negara,”teriak Koordinator aksi  Mizwar Tomagola saat berorasi di depan Kantor Polsek Sirimau, Jumat (25/5/2018).

Menurut mahasiswa, polisi seharusnya dapat menjamin kebebasan setiap warga Negara untuk menyampaikan pendapatnya di depan umum sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang, bukan sebaliknya menggunakan cara-cara orede baru yang anti demokrasi.

“Selaku pelindung dan pengayim masyarakat, polisi harusnya melindungi hak-hak warga Negara untuk menyampaikan pendapatnya, bukan malah bertindak represif,”ungkapnya.

Para pendemo pun mendesak kepada pimpinan Polri agar dapat mengusut kasus tersebut dan menindak siapapun oknum polisi yang terlibat menganiaya para aktivis HMI dalam aksi di depan istana Negara tersebut.

“Kami juga meminta polisi dapat menyampaikan permintaan maaf secara terbuka atas kejadian itu,”teriak para pendemo.

Dalam aksi itu, para aktivis HMI cabang Ambon ini juga menggelar sholat Ashar berjamaah diatas badan jalan di depan Polsek Sirimau. Selepas sholat, puluhan aktivis HMI ini kemudian bergerak menuju Polda Maluku dengan pengawalan aparat kepolisian untuk menyampaikan tuntutannya. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top