MALUKU

Ditengah Hujan Lebat, Pasukan Brimob Bantu Warga Atasi Banjir di Ahuru

Puluhan personel Brimob Polda Maluku dikerahkan untuk membantu warga di Kawasan Ahuru, Kecamatan Sirimau yang tertimpa musibah banjir, Selasa (22/5/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Puluhan personel Brimob Polda Maluku dikerahkan ke lokasi banjir di kawasan Ahuru, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon untuk membantu warga yang mengalami musibah banjir, Selasa (22/5/2018).

Banjir yang menerjang kawasan tersebut terjadi setelah tanggul penahan sungai yang ada di wilayah itu jebol setelah diguyur hujan lebat sejak Selasa siang tadi. Banjir yang terjadi sempat merendam rumah-rumah warga yang ada di sekitar bantaran sungai itu.

Puluhan personel brimob berpakaian dinas lengkap yang dikerahkan langsung bahu membahu bersama warga untuk mengatasi banjir agar tidak meluas ke kawasan tersebut. Meski harus basah kuyup karena diguyur hujan, namun puluhan personel brimob tampak bersemangat untuk membantu warga setempat.

“Polda Maluku sementara mengerahkan anggota Sat Brimobda membantu masyarakat yang terkena musibah bencana banjir di wilayah Ahuru RT 02/ RW 16 Kota Ambon,”kata Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto kepada Kompas.com, Selasa malam .

Dia menjelaskan, selain menolong warga yang terkena dampak banjir, anggota Brimob yang diterjunkan ke wilayah bencana juga membuat tanggul seadanya dari karung berisi pasir di sepanjang sungai tersebut.

“Disamping menolong masyarakat yang terkena bencana, anggota juga sementara membuat tanggul darurat dengan karung-karung berisi pasir  di bantaran sungai yang berbatasan dengan perumahan warga sebagai antisipasi meluapnya air sungai yang lebih besar lagi,”ungkapnya.

Tanggul penahan banjir untuk menahan air sungai di kawasan itu telah dibangun sejak tahun 2017 lalu dan kini perlu diperbaiki,s ebab kondisinya semakin memprihatinkan.

Menurut warga setempat, saat musim penghujan tiba rumah-rumah warga yang ada di daerah bantaran sungai kerap diterjang banjir akibat tanggul penahan banjir sudah banyak yang jebol. Atss bantuan personel brimob itu warga tak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya.

”Kami berterima kasih sekali kepada anggota Brimob Polda Maluku karena telah membantu warga disini,”kata Piter warga setempat.

Selain membantu warga di kawasan Ahuru, personel kepolisian dari Polsek Leihitu juga ikut dikerahkan untuk membantu warga yang rumah-rumahnya tergenang banjir di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu.

Anggota polsek Leihitu dibawa pimpinan Kapolsek Leihitu, Iptu Jafar Lessy bersama anak buahnya membantu membersihkan lumpur dan sampah yang masuk ke rumah warga.

“Kami ikut bersyukur karena bapak-bapak polisi mau membantu kami disini,”kata warga korban banjir. (SMK)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top