MALUKU

Ditresnarkoba Polda Maluku Musnahkan 5.830 Liter Sopi

Sejumlah pejabat utama Polda Maluku ikut memusnahkan sebanyak 5.830 liter minuman keras jenis sopi di Lapangan Upacara Polda Maluku, Rabu (16/5/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah dan menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72 tahun 2018, jajaran Direktorat Narkoba Polda Maluku memusnahkan sebanyak 5.830 liter minuman keras (miras) tradisional jenis sopi.

Pemusnahan ribuan liter miras tersebut berlangsung di Lapangan Upacara Letkol CHR Tahapari di kawasan Tantui, Polda Maluku, Rabu (16/5/2018). Ribuan liter sopi yang dimusnahkan itu merupakan hasil sitaan dalam operasi cipta kondisi oleh personel Ditresnarkoba dan personel Ditsabhara Polda Maluku dan Ditssepanjang tahun 2018.

Pemusnahan ribuan liter sopi ini dilakukan dengan cara ditumpahkan kedalam selokan yang ada di lapangan upacara Polda Maluku tersebut.

Sejumlah pejabat utama Polda Maluku ikut hadir dalam acara pemusnahan ribuan liter miras itu seperti Irwasda Polda Maluku, Kombes Pol Purwelelono, Dirresnarkoba Polda Maluku, Kombes Pol Thein Tobero, Dirreskrimum Polda Maluku, Kombes Pol Gupuh Setiyono, Dir Polair, Kombes Pol Supeno Amir perwakilan LSM dan waratwan.

Ribuan miras yang dimusnahkan itu dikemas dalam jerigen berukuran 25 liter serta kantong plastik yang dibungkus dengan karung.

Sebelum acara pemusnahan dilakukan, Dirresnarkoba Polda Maluku, Kombes Pol Thein Tobero terlebih dahulu membacakan sambutan Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto, selanjunya pemusnahan miras pun dilalkukan.

Usai pemusnahan miras dilakukan, para pejabat utama Polda Maluku bersama perwakilan LSM dan perwakilan waratwan  kemudian menandatangani berita acara  pemusnahan ribuan miras tersebut.

Kabid Humas Polda, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat kepada Serambi Maluku mengatakan kegiatan pemusnahan ribuan liter miras itu dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan juga untuk menyongsong HUT Bhayangkara ke-72 tahun 2018.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut bulan suci ramadhan dan HUT Bhayangkara ke-72 tahun 2018,”kata Ohoirat.

Dia menjelaskan  perang terhadap peredaran minuman keras di Maluku selama ini menjadi salah satu prioritas jajaran Polda Maluku, sebab peredaran miras selama ini sangat berdampak buruk di masyarakat.

“Banyak aksi kejahatan dan kekerasan serta perkelahian antar desa itu sering dipicu oleh masalah miras ini,”katanya.

Dia juga mengatakan pemusnahan miras yang dilakukan polisi termasuk di Polres-Polres yang ada di Maluku saat ini tujuannya untuk menciptakan kondisi yang kondusif menjelang Pilkada Maluku 2018.

“Jadi selain untuk menghormati bulan suci Ramadhan, kita juga ingin memastikan bahwa Pilkada Maluku dapat berjalan aman dan damai,”sebutnya.

Dia pun berharap seluruh elemen masyarakat yang ada di daerah ini dapat mendukung aparat kepolisian untuk menjaga suasana kantibmas, salah satunya dengan tidak mabuk-mabukan yang imbasnya akan memunculkan masalah di masyarakat.

“Harapannya masyarakat bisa mendukung polisi untuk masalah ini. Mari kita jaga daerah ini dengan aman dan damai tanpa miras,”ajaknya. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top