AMBOINA

Diundnag ke Jepang Ini yang Akan Dilakukan Wali Kota Ambon

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy

AMBON,SERAMBIMALUKU.com- Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy bakal diundnag dalam kegiatan seminar internasional yang akan berlangsung di Universitas Hirosima di Jepang pada 13-14 November 2017 mendatang.

“Saya diundnag secara resmi oleh universitas Hirosima untuk berbicara soal keberhasilan kota Ambon yang bisa bangkit dari konflik,”kata Louhenapessy di Balai Kota Ambon, Rabu (8/11/2017).

Menurut Louhenapessy seminar itu akan membahas soal Peace Building. Dalam kesempatan itu dia akan berbagi pengalaman di Jepang tentang bagaimana caranya kota Ambon dapat kembali bangkit dari keterpurukan sosial pascakonflik kemanusiaan tahun 1999.

“Mereka mengundang saya secara khusus untuk berbagi pengalaman bagaimana caranya Ambon itu bisa pulih, yah hanya dalam kurung waktu yang sangat relatif pendek itu pengalaman yang akan di bagikan Hiroshima,”terangnya.

Louhenapessy mengaku pemerintah Jepang sangat terkesan dengan penyelesaian masalah konflik sosial di Maluku khususnya kota Ambon. Karena penyelesaian kofnlik dapat dilakukan dengan cepat dan akhirnya Ambon bisa keluar dari masalah tersebut.

“Mereka ingin tahu apa rahasaianya kota ini sudah berubah seperti sekarang dan itu yang saya mau jelaskan di sana,”kata dia.

Menurut Louhenapessy, Kota Ambon bisa kembali bangkit dari keterpurukan karena kekuatan kultural yang dimiliki seperti pela dan gandong. Keberadaan budaya tersebut sebagai alasan utama Ambon bisa kembali bangkit dari ketertinggalan.

“Saya juga akan memanfaatkan waktu untuk meninjau anak-anak kita yang dikirim sekolah ke Jepang itu kan mereka sudah mulai kuliah sekarang, yah tiap tahun kita fasilitasi bantu mereka paling tidak mereka ini akan jadi bibit unggul dan pada waktunya kembali lagi ke daerah “kata dia. (SMG)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top