AMBOINA

Durian Hutumuri Diharapkan Tembus Pasar Ekspor

Festival durian Hutumuri 2818/Foto: Humas Dinas Infokom Ambon

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Ribuan masyarakat Kota Ambon memadati Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, saat pelaksanan festival Durian Negeri Hutumuri, Sabtu (7/4/2818).

Kegiatan festival durian yang diselenggarakan oleh PT Maluku Membangun Negeri ini ikut mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Ambon.

Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustav Latuheru memberikan apresiasi kepada PT Maluku Mambangun Negeri yang telah melaksanakan pesta duren Hutumuri tahun 2018.
Dia mengaku sebelumnya pesta buah-buahan juga pernah dilakukan Negeri Hutumuri di kawasan Pattimura Park.

“Untuk kedua kalinya Negeri Hutumuri melaksanakan festival dimana, pertama kali di lokasi Pattimura Park dengan nama pesta buah-buahan dan pesta durian Hutumuri,” ungkapnya disela-sela pembukaan Festival Durian Hutumuri tahun 2018 di Negeri Hutumuri, Sabtu (7/4/2018).

Latuheru mengajak, masyarakat Negeri Hutumuri untuk dapat mengolah durian menjadi makanan ringan sehingga, dapat di ekspor ke luar daerah bahkan hingga mancanegara.

“Usai musim buah banyak durian yang tersisa baiknya dibuat dodol durian yang kemudian dapat diekspor keluar Ambon,” akuinya.

Dia mengatakan, festival durian Hutumuri merupakan hal yang baik untuk mengenalkan durian Hutumuri kepada semua kalangan.

“Memang apa yang dilaksanakan saudara-saudara di Hutumuri dibantu oleh Maluku Membangun Negeri sebuah hal yang baik. Makanya Pemkot Ambon mendukung kegiatan ini,”terangnya.

Dia mengaku selain festival durian, ada juga berbagai macam buah buah-buahan yang disajikan dalam festival tersebut diantaranya, manggis, rambutan, langsa dan duku.

“Ini bukan hanya durian tapi, kita kebanjiran manggis, rambutan dan langsat karena, Tuhan berikan kita berkat di darat maka, Tuhan berikan berkat di laut asalkan dapat digunakan sebaik mungkin, “akuinya.

Festival durian ini begitu menyedot antusiasme warga kota Ambon, mereka yang datang ke lokasi festival ikut mencicipi segarnya buah durian di desa teraebut. Dalam festival itu, pihak penyelenggara menyediakan ribuan buah durian segar.

Untuk menikmati durian Hutumuri warga hanya merogoh kocek Rp 50 ribu dan mereka sudah langsung dapat menikmati sensasi kesegaran dan kwnikmatan buah durian sepuas-puasnya. (SMN)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top