EKONOMI

Durian Mulai Berkurang, Giliran Cempedak Banjiri Kota Ambon

Buah cempedak mulai membanjiri Pantai Matriks kota Ambon/Serambi Maluku
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Lebih dari dua bulan terakhir kawasan Mardika dan sejumlah lokasi lainnya di Kota Ambon dibanjiri buah durian dari berbagai daerah penghasil durian di Pulau Ambon dan Pulau Seram.

Banyaknya buah durian yang membanjiri kota Ambon membuat para pedagang terpaksa rela menjual buah durian dengan harga yang sangat murah. Bahkan ada yang rela menjual buah yang lezat itu dengan harga 2.000 per buah.

Namun belakangan, durian yang dipasok ke Kota Ambon dari sejumlah daerah penghasil durian kini mulai berkurang seiring mulai berakhirnya musim panen durian. Buah durian yang awalnya selalu menghiasi sisi kiri dan kanan bahu jalan di Pantai Mardika dan sejumlah lokasi lainnya kini mulai berkurang.

Saat ini para pedagang yang semula menjual buah durian kini mulai beralih menjual buah cempedak yang rasanya tak kalah enak.

Pantauan Serambi MalukDurian Mulai Berkurang, Giliran Cempedak Banjiri Pantai Mardikau (serambimaluku.com) di kawasan Pantai Mardika, Kamis (3/5/2018), tampak banyak pedagang yang kini mulai menjual buah cempedak di kawasan tersebut.

Menurut pedagang, cempedak yang mereka jual itu didatangkan langsung dari sejumlah daerah di Pulau Seram.

“Kita beli dari Pulau Seram. Saat ini memang lagi musim-musimnya disana pak,”kata Arman salah satu pedagang saat ditemui di Pantai Mardika.

Buah cempedak yang dijual para pedagang pun harganya berfariasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per buah. Menurut pedagang harga tersebut telah disesuaikan dengan harga transportasi dan juga harga beli di petani.

“Kita Ambil dengan Rp 5.000, belum lagi ongkos transport jadi kita harus jualnya begini,”ujarnya.

Pedagang lainnya mengaku meski tidak terlalu diminati seperti buah durian, namun banyak warga yang juga membeli buah cempedak.

Biasanya yang beli itu ibu-ibu katanya untuk bikin jualan, mereke kalau beli sanat banyak,”Salima.

Salima mengaku dia dan suaminya sudah dua kali bolak balik Pulau Seram untuk mendatangkan buah cempedak di Kota Ambon,”Kita sudah dua kali bawa ke sini,”katanya singkat (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top