by

Gempa 5,6 SR Guncang Maluku Tenggara Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa 5,6 SR Guncang Maluku Tenggara Barat, Tidak Berpotensi TsunamiAMBON,SERAMBIMALUKU.com-Gempa tektonik dengan kekuatan 5,6 skala richter mengguncnag Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Jumat (4/1/2019), sekira pukul 15.22 WIT.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Statiun Geofisika Ambon, gempa tersebut berpusat pada koordinat 6,66 Lintang Selatan dan 130,46 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 170 km arah barat laut, Saumlaki pada kedalaman 129 km.

Data dari BMKG juga memperlihatkan dengan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Banda. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Banda ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar oblique normal (mendatar – turun).

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan ikut dirasakan di Saumlaki II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 15.50 WIT, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).
Terkit gempa tersebut, Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi mengimbau kepada warga di wilayah itu agar tidak perlu panik dan percaya dengan isu yang tidak bertanggung jawab sebab gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,”imbaunya. (SMJ).

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI