AMBOINA

Gempa Ambon Rusak Bandara Hingga Pusat Perbelanjaan

Kondisi kerusakan di pusat perbelanjaan Maluku City MAll akibat gempa bumi di AMbon, Selasa malam (31/10/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Gempa bumi berkekuatan 6,2 Skalar Richter mengguncnag wilayah Kota Ambon, Selasa malam (31/10/2017).

Gempa yang sangat kuat getarannya itu menyebabkan sejumlah fasilitas vital seperti Bandara Pattimura hingga pusat perbelanjaan seperi Maluku City Mall dan sejumlah bangunan lainnya mengalami kerusakan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Pusat perbalanjaan Maulu City Mall yang ada di kawasan Aster, Kecamatan Sirimau Ambon tampak flafon pusat perbelanjaan itu mengalami keruskaan cukup parah.

Hal yang sama juga terjadi di Bandara Pattimura Ambon, gempa ikut menyebabkan flafon di bandara ambruk. Selain di dua tempat itu kerusakan juga terjadi di Markas Kodam XVI Pattimura dan sejumlah kawasan lainnya.

Gempa itu juga membuat warga di Kota Ambon berhamburan keluar dari rumah-rumah mereka. Warga terlihat begitu panik dan memilih berkeumun di pinggir jalan serta di lokasi terbuka,” Gempanya kuat sekali dan terjadi berulang-ulang, kami sangat takut,”kata Abdullah warga Batu Merah.

Sementara berdasarkan data yang diterima Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Statisun Ambon 6,2 SR. Gempa yang terjadi itu berpusat di 35 kilometer Barat Ambon dan 68 kilometer Barat Daya Kairatu dengan lokasi gempa berada pada 3,69 lintang selatan dan 127,85 bujur barat. Adapun kedalaman gempa berada pada 10 kilometer dibawa permukaan laut.

Sebelumnya gempa pertama juga mengguncnag Kota Ambon dengan kekuatan 5,7 SR berlangsung sekitar 10 detik. Intensitas gempa ikut dirasakan hingga di Namle, dan di Saumlaki.

Gempa kedua 5,6 SR dirasakan sedang karena pusat gempa lebih dalam. Tidak seperti gempa yang pertama. Intensitas gempa dirasakan III MMI di Kota Ambon.

Selang 16 menit kemudian terjadi gempa ketiga dengan kekuatan 6,2 SR. Guncangan gempa dirasakan lebih keras dengan pola mengayun selama lebih dari 10 detik. Adapun Gempa kelima dirasakan cukup keras selama 5 detik. (SMH)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top