MALUKU

Gempa Berkekuatan 4,9 SR Guncang Maluku Barat Daya

Peta gempa MBD
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU. com-Gempa berkekuatan 4,9 magnitudo mengguncang kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Rabu malam (17/1/2018).

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Ambon gempa yang pada pukul 23.35 Wit ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Adapun episentrum gempa berada pada koordinat 6.84 Lintang Selatan (LS) dan 129.77 Bujur Timur (BT) atau berjarak 96 kilometer utara, Tepa Kabupaten Maluku Barat Daya dan 212 kilometer barat laut Saumlaki Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan kedalaman gempa 147 kilometer dibawa permukaan laut.

Hingga saat ini belum dapat dipastikan apakah gempa tersebut menimbulkan dampak kerusakan pada pemukiman warga,”Untuk dampak kerusakan kita belum dapat memastikannya,”kata Kepala BMKG Ambon, Abraham Mustamu.

Dia juga mengimbau kepada warga di wilayah tersebut agar tidak panik karena gempa tersebut tidak menimbulkan gelombang tsunami.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami di Indonesia karena terdapat pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia dan Eurasia di wilayah tersebut.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan. Adapun daerah-daerah rawan gempa di Maluku meliputi wilayah-wilayah bagian Tenggara, pulau Ambon, pulau Seram dan pulau Buru.

Sedangkan pusat patahan di antaranya berada di laut Ambon dan Seram Bagian Barat. (SMK)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top