MALUKU

Gempa Berkekuatan 6.1 SR Guncang Buru, Tidak Berpotensi Tsunami

Peta gempa di Pulau Buru

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Gempa tektonik berkekuatan 6.1 Skara Richter mengguncang Kabupaten Buru, Senin (26/2/2018) malam sekira pukul 22.34 WIT.

Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut berpusat pada koordinat pada 2,70 Lintang Selatan dan 126,79 Bujur Timur tepatnya di laut pada jarak 70 km arah Timur Laut Pulau Buru, Propinsi Maluku pada kedalaman 45 km.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa gempa bumi ini dirasakan di Namlea dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI), di Kairatu I-II SIG-BMKG (II-III MMI). Hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Seram. Hal ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang berupa sesar naik (thrust fault).

Hingga pukul 22.50 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 1 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan kekuatan M 3,7. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang.

Terkait gempa tersebut, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ambon, Abraham Mustamu mengimbau kepada Warga tidak perlu panik karena gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Kami mengimbau kepada warga tetap tenang dan tidak perlu panik karena gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami, “imbaunya
(SMN)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top