MALUKU

Gempa Bumi 5,6 Magnitudo Guncang SBT, Tidak Berpotensi Tsunami

Peta gempa bumi di Seram Bagian Timur

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Gempa tektonik berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Seram Timur (SBT), Kamis (8/3/2018).

Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada pukul 12.51 WIT ini berada pada titik koordinat 3,32 Lintang Selatan dan 130,92 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 85 km arah timur laut Seram Bagian Timur, Maluku pada kedalaman 42 kilometer.

Adapun dampak gempa bumi yang didasarkan kepada peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG menunjukkan bahwa wilayah berpotensi terjadi guncangan antara lain di Seram Timur pada skala II SIG-BMKG atau III MMI dan Fafeniap pada skala II SIG-BMKG atau III MMI.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Seram.

Berdasarkan peta tataan tektonik, di wilayah Laut Seram terdapat zona gempabumi dengan struktur sesar naik. Hal Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempabumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh aktivitas sesar naik. Dugaan kuat yang menjadi pembangkit gempabumi ini adalah Subduksi Seram.

Hingga pukul 13:09 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi foreshock dengan M 5.5 dan 1 gempabumi susulan (aftershock) dengan M 4.5. Kepada masyarakat di sekitar wilayah Seram Bagian Timur dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.(SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top