by

Gempa Bumi Guncang Kepulauan Banda, Tidak Berpotensi Tsunami

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Gempa tektonik dengan kekuatan 4.3 magnitudo mengguncang kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (16/9/2018).

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi pada pukul 19:30 WIT  itu terletak pada koordinat 4.30 Lintang Sealatan dan 129.66 Bujur Timur, tepatnya di laut 37  kilometerm Baratlaut  Pulau Banda pada kedalaman 15 kilometer.

Berdasarkan laporan warga, intensitas guncangan gempa bumi dirasakan I SIG-BMKG (II MMI) di Pulau Banda. Daerah tersebut dilaporkan  dirasakan oleh sebagian orang. Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat guncangan gempabumi tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Abraham F. Mustamu mengatakan dari kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal yang di akibatkan oleh aktifitas sesar di dasar laut.

“Meskipun dangkal, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan didasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,”kata Mustamu.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi itu, hingga  kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Mustamu juga mengajak masyarakat di wilayah itu agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dan arahan BMKG dan BPBD.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,”imbaunya (SMJ)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI