by

Gempa Guncang Ambon, Warga Berhamburan di Jalan

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Warga di Kota Ambon berhamburan ke jalan-jalan setelah gempa bumi berkekuatan 4,6 magnitudo mengguncang ibu kota provinsi Maluku itu, Kamis siang (3/1/2019).

Warga panik sambil berlarian ke ruang terbuka lantaran guncangan gempa sangat terasa getarannya.Mereka berlari ke jalan-jalan dan kemudian kembali lagi setelah guncangan gempa berhenti beberapa saat.

Tak hanya itu, gempa tersebut juga membuat panik para pegawai pemerintahan di Kantor Wali Kota Ambon. Banyak pegawai berhamburan keluar ruangan karena takut terjadi sesuatu yang membahayakan diri mereka.

“Ayo lari ada gempa, ayo berlindung,”kata salah seorang warga kepada beberapa temannya.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon menyebutkan bahwa gempa bumi yang terjadi pada Pukul 13.21 WIT itu berada pada lokasi 3,68 lintang selatan dan 127.74 bujur timur tepatnya di laut dengan jarak 47 km barat Ambon dengan kedalaman 10 km.

BMKG memastikan getaran gempa tersebut sangat dirasakan warga di Kota Ambon dengan level III MMI. Meski begitu gempa tersebut itdak memakan korban jiwa maupun menimbulkan kerusakan pada rumah-rumah warga dan fasilitas umum lainnya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal, yang menyebabkan terjadi deformasi batuan sehingga memicu terjadinya gempa bumi.

“Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” ungkap Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi.

Dia pun mengimbau kepada warga khususnya yang tinggal di pesisir Kota Ambon agar tidak perlu panik karena gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Khusus kepada warga yang tinggal di pesisiri pantai tidak perlu panik karena gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami,”imbaunya. (SMJ)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI