AMBOINA

Goes to School, IJTI Maluku Ajak Siswa Lawan Hoaks dan Isu Sara

Sekretaris IJTI Maluku, Rislan Bleseran saat menyampaikan materi dalam kampanye anti hoks dan isu sara kepada Ratusan siswa SMA se-Kota Ambon di Aula SMA Negeri 5 Ambon, Selasa (6/3/2018)
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Maluku mengajak ratusan siswa di Kota Ambon untuk melawan hoaks dan isu sara yang belakangan marak beredar di berbagai media sosial.

Ajakan melawan hoaks dan isu sara ini dilakukan pengurus IJTI Maluku dengan menggelar Goes to Scholl literasi dan edukasi media perangi hoaks ke SMA Negeri 5 Ambon, Selasa (6/3/2018). Tak hanya melibatkan pelajar dari Kota Ambon, para peserta lainnya juga berasal dari sejumlah sekolah di Kabupaten Maluku Tengah.

Para siswa yang mengikuti kegiatan itu pun sangat antusias dan terlihat aktif berinteraksi dengan setiap pemateri yang menyampaikan materinya.

Ketua IJTI Maluku, Juhri Samanery mengungkapkan, kampanye anti hoaks dan isu sara itu dilakukan untuk mengajak para siswa agar dapat membedakan berita hoaks sekaligus dapat melawan berbagai isu sara yang akhir-akhir ini menyebar di masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari literasi dan edukasi kepada para siswa agar mereka dapat membedakan mana berita hoaks dan juga ikut melawan hoaks dan isu sara,”kata Juhri kepada Kompas.com dis ela-sela kegiatan tersebut.

Menurutnya penyebaran berita hoaks dan juga isu sara sangat rentan di konsumsi secara mentah-mentah oleh siswa sehingga, perlu dilakukan pencegahan agar para siswa dapat memahami persoalan tersebut dengan jeli, sebab kata dia berita hoaks dan isu sara yang tidak dapat difilter oleh para siswa berpotensi memunculkan kasus persekusi.

“Sebab hokas dan isu sara belakangan ini sangat gencar dan ini sangat rentan pada siswa,”katanya.

Selain mengajak para siswa melawan hokas dan isu sara, dalam kegiatan itu para pengurus IJTI Maluku juga mengajarkan para siswa tentang dasar-dasar jurnalistik, menjadi reporter televisi yang handal hingga menjadi presenter.

Sehari sebelumnya, IJTI Maluku juga telah menggelar dialog publik untuk membahas masalah hoaks dan isu sara dengan menghadirkan Ketua KPU Maluku, Ketua Bawaslu, kepolisian dan juga akademisi.

Rencananya kata Juhri pihaknya juga akan menggelar kampanye anti hokas dan isu sara di kampus IAIN Ambon Rabu besok,”Hari ini kita fokuskan di sdan besok itu jadwalnya di kampus IAIN Ambon, kita juga ingin mengajak mahasiswa menolak hokas dan isu sara,”ujarnya.
(SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top