NASIONAL

Hari Lingkungan Hidup, PLN UIP Maluku Tanam 1.000 Anakan Pohon

Aksi penanaman 1.000 pohon yang dilakukan PT PLN Unit Induk Pembangkit (UIP) Wilayah Maluku di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Selasa (5/6/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkit (UIP) Maluku menggelar aksi peduli lingkungan dengan menanam 1.000 anakan pohon berbagai jenis di Desa Suli dan Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Aksi penanaman pohon itu dilakukan PLN IUP Maluku bekerjasama dengan jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon. Kegiatan penanaman itu dilakukan dalam rangka untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada, Selasa (5/6/2018).

Adapun berbagai jenis anakan pohon yang ditanami itu merupakan jenis tanaman produktif dan tanaman khas seperti pohon kayu besi, pohon gaharu,  cengkeh, duku dan juga berbagai jenis pohon lainnya.

General Manager  PT PLN UIP Maluku, Joner MP Pardosi mengatakan kegiatan penanaman 1.000 anakan pohon  yang dilakukan itu sebagai bentuk komitmen dan kepedulian PLN UIP Maluku terhadap kelestarian lingkungan.

Dia mengaku secara nasional aksi penanaman pohon ini dilakukan di seluruh Indonesia dengan menanam sebanyak 32 ribu anakan pohon dari target penanaman sebanyak 56.000 pohon. Adapun kegiatan penanaman itu menghabiskan anggaran senilai Rp Rp 4,64 Milyar.

Dana tersebut selain untuk penanaman pohon juga dipergunakan untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.

“Kami peduli akan lingkungan, dan kegiatan ini sendiri untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan,”kata Joner kepada waratwan di lokasi penanaman, Selasa (5/6/2018).

Dia mengatakan dengan menenam pohon, maka setiap orang telah ikut memelihara lingkungan dan kelestarian alam untuk masa depan bumi dan manusia. Menurutnya dengan menanam satu pohon, sama dengan menyelamatkan satu jiwa anak cucu untuk modal pembangunan berkelanjutan menuju masyarakat yang dapat menikmati kehidupan yang baik dan sehat.

”Ini untuk kelangsungan dan kehidupan alam dan kita  punya anak cucu,”ujarnya.

Dia menambahkan melalui momentum peringatan hari lingkungan hidup sedunia kiranya ada kesadaran dari semua masyarakat untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan,”Semoga dengan momen Hari Lingkungan Sedunia ini kita semua lebih sadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam lingkungan kita,”harapnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian Unpatti, Prof. DR. Ir. J. M. Matinahoru mengatakan penanaman 1.000 anakan pohon itu akan sangat membantu untuk menjaga kelestarian lingkungan sekaligus menekan polusi udara dikemudian hari.

“Bagaimanapun manusia bernafas dengan O2 , dengan kita menanam pohon juga membantu produksi 02,  Program Penghijauan juga mendukung program Pemerintah 30 persen wilayah hijau semoga bisa tercapai,”katanya.

Kedepan dia berharap Negeri Tulehu dapat menjadi kawasan hijau yang ada di Maluku sehinggaberbagai poptensi alam yang ada di desa itu bisa dimanfaatkan baik sektor lingkungan maupun pariwisata.

Adapun Camat Salahutu, Abdul Manaf Ohorela yang ikut dalam kegiatan itu apresiasinya terhadap kegiatan yang digelar PLN IUP Wilayah Maluku tersebut.

“Atas nama masyarakat Salahutu kami mengucapkan terimakasih kepada PLN yang telah menjadikan daerah ini pilihan untuk program penghijauan, dan juga. Kami akan mengingatkan warga untuk terus memelihara tanaman tanaman yang telah ditanam ini semoga kedepan membawa manfaat untuk kita semua,” pungkasnya. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top