POLITIK

HEBAT Masukan 178.563 Dukungan ke KPU di Hari Terakhir

Tim penghubung pasnagan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) saat memeriksa dokumen B-1 KWK asli dan dua salinan kopian untuk ditunjukan kepada komisioner KPU Maluku, Sabtu (20/1/2018)
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku dari jalur independen, Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath mendatangi Kantor KPU Maluku di hari terakhir perbaikan syarat dukungan, Sabtu (20/1/2018).

Pasangan dengan jargon HEBAT ini mendatangi kantor KPU Maluku di Jalan Sultan Hasanudin sekira pukul 17.00 WIT dengan membawa dukungan perbaikan sebanyak 178.563 KTP. Pasangan ini datang ke Kantor KPU sambil diantar ratusan masa pendukung dan juga tim penghubungnya yang tersebar di seluruh kabupaten kota di Maluku.

Setibanya di Kantor KPU Maluku, berkas syarat dukungan pasangan HEBAT ini kemudian diserahkan Ketua Tim HEBAT Maychel Palijama kepada Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun disaksikan sejumlah komisioner KPU Maluku lainnya serta pimpinan dan anggota Bawaslu Maluku.

Setelah diserahkan, Ketua KPU kemudian meminta Tim HEBAT untuk menunjukan bukti dukungan B-1 KWK asli dan dua salinan kopian yang tersebar di Kecamatan hingga tingkat desa. Permintaan itu kemudian menjadi perdebatan panjang, sebab tim HEBAT merasa keputusan itu hanya akan memprsulit pasangan HEBAT dan memperlambat waktu.

Sempat terjadi adu argument antara pimpinan KPU pasangan HEBAT selama beberapa jam lamanya. KPU berpatokan sesuai keputusan KPU dan Bawaslu, syarat perbaikan yang dimasukan harus menyertai bukti B-1 KWK asli dan dua salinan kopian, sementara dari kubu HEBAT menilai hal itu telah masuk pada hal teknis verifikasi.

“Sesuai ketentuan yang telah kami sepakati bersmaa Bawaslu, syarat dukungan perbaikan yang dimasukan harus dapat disertai dengan bukti B-1 KWK asli dan dua slinan kopiannya,”kata Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun.

Tim penghubung pasangan HEBAT kemudian diminta untuk menunjukan syarat yang diminta tersebut. Namun perdebatan masih saja berlanjut, hingga Abdullah Vanath dan Herman Koedoeboen beberapa kali harus terlibat perdebatan sengit dengan KPU.

“Ini seperti jebakan batman saja, yang kami tahu proses ini seperti kemaris saja, ini kan hanya penyerahan berkas perbaikan, belum masuk pada verifikasi tapi kami merasa ini seperti sudah verifikasi,”kata Vanath.

Meski diwarnai perdebatan sengit, berkas perbaikan dukungan pasangan HEBAT akhirnya diterima ditandai dengan pemberian surat tanda terima dari KPU kepada pasnagan HEBAT.

Pasangan HEBAT sebelumnya mendaftar ke KPU dengan modal dukungan sah sebanyak 71.485 KTP setelah dukungannya merosot usai verifikasi faktual di tahap pertama.

Sesuai ketentuan yang berlaku, pasangan HEBAT kemudian diharuskan memasukan lagi dukungan perbaikan sebesar 102. 918 dukungan atau dua kali lipat dari kekurangan jumlah syarat dukungan yang dinyatakan tidak sah sebanyak 51.409 dukungan untuk memenuhi persyaratan minimal yang ditetapkan bagi calon perseorangan di Pilkada Maluku yakni sebesar 122.894 dukungan.

Saat ini pasangan HEBAT telah memasukan berkas dukungan berbaikan sebanyak 178.563 KTP atau telah melampaui yang diminta sebanyak 102. 918. Selanjutnya KPU kemudian akan memverifikasi kembali dukungan perbaikan tersebut.

Dalam verifikasi nanti, pasangan HEBAT bisa dinyatakan lolos jika memenuhi syarat dukungan minimail sebanyak 51.409 dukungan sah dari 178.563 dukunga perbaikan yang dimasukan. Angka itu untuk menambah dukungan sah sebelumnya sebanyak 71.485 dukungan.

Namun jika jika dalam verifikasi tahap kedua, dukungan perbaikan yang dimasukan tidak memenuhi syarat maka, HEBAT dipastikan akan tidak lolos sebagai peserta di Pilkada Maluku 2018.
(SMN)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top