EKONOMI

HSBC dan Sampoerna University Perkuat Edukasi Keuangan untuk Mahasiswa di Ambon

Ratusan mahasiswa dan dosen mengikuti kegiatan Semiloka Keuangan dan Perbankan yang diaelenggarakan HSBC Indonesia bekerjasama dengan Sampoerna University (SU), Putera Sampoerna Foundation (PSF) di Politeknik Ambon, Kamis (6/2/2018)

AMBON, SERAMBIMALUKU.com-HSBC Indonesia bekerjasama dengan Sampoerna University (SU), Putera Sampoerna Foundation (PSF) dan beberapa perguruan tinggi di Ambon menyelenggarakan Semiloka Keuangan untuk mahasiswa, dosen dan masyarakat lokal binaan kampus.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dilaksanakan di tiga kampus yakni di Politeknik Ambon, Universitas Pattimura dan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) sejak 6 – 8 Februari 2018.

Menurut Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia, Nuni Sutyoko, Semiloka bertajuk“Memperkuat Sinergi Triparti Pendidikan Tinggi untuk Pembangunan” ini diikuti 600 mahasiswa, 200 dosen, dan 150 masyarakat lokal binaan kampus.

“Ini sebagai bagian dari komitmen dan upaya aktif untuk mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan, “kata Nuni

Ia juga mengatakan, di era modern yang bergerak dengan cepat, kolaborasi dan sinergi antara perguruan tinggi, pelaku industri, dan masyarakat penting untuk mendorong pembangunan.

Kota Ambon yang merupakan pusat pendidikan dan perekonomian di wilayah kepulauan Maluku kata dia memiliki peran kunci dalam mendorong petumbuhan wilayah lainnya. Utamanya, dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

“Pemahaman dan iklusi keuangan memiliki peranan penting dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarkat. Salah satu pilar utama dari inklusi keuangan adalah edukasi, yang dalam hal ini dapat disalurkan melalui peran aktif perguruan tinggi. Karenanya, sejak tiga tahun terakhir kami bekerjasama dengan Sampoerna University (SU) dan PSF untuk secara aktif menginisiasi berbagai program edukasi finansial dan perbankan di berbagai daerah di Indonesia,”jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa hal tersebut merupakan cerminan komitmen HSBC untuk senantiasa mendorong bisnis yang berkesinambungan dengan meningkatkan kualitas masyarakatnya, di manapun HSBC berada.

“Guna membangun karir di masa depan, mahasiswa perlu meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya. Tidak hanya dari bahan bacaan, tapi juga studi kasus langsung dari pelaku industri di lapangan. Dosen sebagai sumber pengajaran juga perlu untuk terus mengembangkan bahan ajar dan penelitiannya supaya dapat menyajikan studi-studi yang relevan. Kami berharap inisiatif ini akan membantu mahasiswa, dosen serta komunitas binaan kampus untuk terus berkembang,” tambah Nuni.

Sementara Project Manager Program Kerjasama HSBC-PSF sekaligus ekonom dari Sampoerna University, Wahyoe Soedarmono, menjelaskan, kegiatan semiloka ini di selenggarakan sebagai aplikasi tridharma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pemberdayaan masyarakat. Serta sejalan dengan program “sinergi aksi untuk ekonomi rakyat” yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo guna meningkatkan kolaborasi pendidikan tinggi, dunia industri, dan masyarakat setempat.

“Secara lebih spesifik, rangkaian seminar dan lokakarya ini terbagi menjadi tiga kegiatan utama, selama tiga hari. Hari pertama, ceramah dari dosen tamu yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Ambon pada 6 Februari 2018. Kegiatan kedua, Research workshop untuk dosen dan pengelola jurnal ilmiah diselenggarakan di Universitas Pattimura. Dan rangkaian kegiatan yang terakhir hari ini (keamrin, red) adalah Pengabdian masyarakat yang dilakasanakan di Universitas Kristen Indonesia Maluku,” jelas Wahyoe.

“Lewat tiga kegiatan ini, mahasiswa-mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dan wawasannya agar siap menghadapi tuntutan dunia kerja. Dosen mampu melakukan publikasi riset akademik yang relevan dengan perkembangan terbaru di dunia bisnis. Sedangkan masyarakat binaan mampu mendapatkan solusi atas masalah yang dihadapi di lapangan,”tambahnya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setempat sangat menyambut baik kegiatan ini. Kepala OJK Maluku Bambang Hermanto mengatakan, kegiatan semiloka terpadu seperti ini selaras dengan upaya pemerintah untuk terus mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat lewat peningkatan kualitas pendidikan. Tidak hanya para tenaga pengajarnya, tapi juga anak didik yang nantinya akan menjadi pemegang tampuk kepemimpinan dalam berbagai sektor.

“Pemerintah kota Ambon menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh HSBC dan Sampoerna University ini. Kami berharap, melalui semiloka yang ini, baik dosen, mahasiswa dan masyarakat lokal mampu berkembang dan tidak tertinggal dengan perkembangan sektor keuangan yang begitu pesat,” harapnya. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top