MALUKU

Ikut Ibadah Bulan Purnama, Pejabat Polda Maluku Ajak Umat Hindu Lawan Hoaks

Karo Rena Polda Maluku, Pol I Bagus Rai memberikan pengarahan kepada umat Hindu usai ibadah Bulan Purnama di Pure Ciwa Stana Giri, di kawasan Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Senin malam (30/4/2018).

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Ratusan personel Polri dan TNI bersama umat hindu di Kota Ambon mengikuti Ibadah Bulan Purnama di Pure Ciwa Stana Giri, di kawasan Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Senin malam (30/4/2018).

Ibadah Bulan Puranama ini turut dihadiri oleh Karo Sarpras Polda Maluku Kombes Pol I Gusti Ketut Sudarsana dan Karo Rena Polda Maluku Kombes Pol I Bagus Rai. Kegiatan ibadah yang berlangsung dalam suasana khusyuh ini dimulai pukul 19.30 WIT.

Selain diikuti oleh pejabat Polda Maluku yang beragama hindu, ibadah bersama itu juga turut dihadiri oleh pejabat menengah Kodam XVI Pattimura, Mayor Mayor TNI Ida Bagus Keniten yang saat itu bertugas memimpin ibadah.

Ibadah bersama ini di awali dengan pembakaran dupa oleh Pandita dan di lanjutkan dengan ritual lbadah yang di ikuti oleh umat sedarma yang hadir pada ibadah bersama tersebut.

Usai proses ibadah berlangsung, Karo Rena Polda Maluku, Pol I Bagus Rai kemudian memberikan pemaparan kepada umat hindu yang hadir dalam ibadah bersama tersebut.

Menurut I Bagus Ray  selain untuk melaksanakan kewajiban sebagai umat Sedarmah,  kegiatan ibadah bersama ini juga merupakan wujud kebersamaan dan upaya membangun sinegritas Personel TNI dan Polri dengan masyarakat umum.

“Dalam menjaga keamanan di daerah ini maka butuh sinergitas TNI dan Polri bersama masyarakat,”kata I Gusti Ray.

Dalam kesempatan itu dia turut mengajak umat hindu di Kota Ambon  agar dapat bergandeng tangan menjaga situasi keamanan yang saat ini sudah semakin kondusif. Masyarakat juga diminta untuk tidak terpengaruh dengan berbagai isu dan provokasi yang ingin merusak tatanan kehidupan umat bergama di Maluku.

“Kepada umat sedarma mari kita menolak hoaks dan ujaran kebencian kususnya di kalangan umat sedarma yang ada di kota Ambon,”pintanya.

Dia meminta umat hindu di Kota Ambon agar lebih bijak bermain medsos dan lebih bijak mencerna setiap berita yang disebar di media sosial.

“Kiranya umat sedarma dapat lebih bijak dalam menggunakan medsos dan penyebaran berita yang kita terima lewat medsos, semoga kita tetap berada dalam kedamaian yang abadi karena Maluku pernah mengalami suatu permasalahan yang sangat memilukan olehnya itu mari sama-sama umat sedarma kita jaga situasi aman ini,”ajaknya.

Setelah arahan dari I Gusti Ray, salah satu perwira  Kodam XVI Pattimura kembali memberikan arahan dan kemudian dilanjutkan oleh Ketua pengurus Hindu Darma Kota Ambon. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top