AMBOINA

Ingat PNS Ambon yang Istrinya Melahirkan Dilarang Cuti

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pemberdayaan SDM Pemerintah Kota Ambon, Benny Selanno

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pemberdayaan SDM Kota Ambon Benny Selano mengatakan PNS yang istrinya bersalin dilarang cuti.

“Untuk pegawai laki-laki tidak diberikan izin cuti saat istri bersalin,”kata Selanno kepada Kabar Timur diruang ekrjanya kemarin.

Dia mengatakan setiap PNS hanya akan diberikan izin cuti untuk menjaga istrinya yang akan melahirkan jika kondisinya mendesak. Contohnya saat istrinya sedang melahirkan tidak ada keluarga yang menjaga.

Dia mengaku dalam keadaan seperti itu atasan bisa mengizinkan bawahannya untuk cuti.”Cuti PNS pria ini tidak diberikan terhadap alasan yang tidak urgent. Kecuali betul-betul tidak ada yang bisa menjaga istri melahirkan, maka PNS pria harus jadi suami siaga dong,” kata dia.

Menurutnya cuti bagi seornag PNS telah diatur dalam ketentuan yang berlaku, namun khusus untuk cuti melahirkan itu hanya menjadi hak PNS perempuan.

“Jadi itu adalah hak pegawai tapi yang mempunyai hak untuk cuti persalinan itu adalah hak bersyarat bagi seorang wanita,”katanya.

Dia mengungkapkan, pegawai negeri bisa diberikan cuti kecuali dengan alasan yang mendasar dan tidak dibuat-buat. Alasan cuti juga harus dapat dipertanggung jawabkan.

“Diberikan cuti sesuai dengan kebutuhan baik itu cuti besar dan cuti tahunan cuti, karena alasan penting dan lain-lain itu bisa,”jelas dia. (SMH)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top