MALUKU

Ingin Pilkada Berkualitas, Kapolda Maluku Temui Bawaslu

Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com -Kapolda Maluku, Irjen Andap Budhi Revianto bersama jajarannya menggelar pertemuan tertutup dengan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku, Senin (16/4/2018).

Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Ketua Bawaslu Maluku selama lebih satu jam itu intinya untuk membahas kesiapan Bawaslu Maluku dalam menjalankan tugas pengawasan Pilkada agar dapat berlangsung dengan naksimal.

Usai pertemuan itu, Kapolda Maluku kepada sejumlah waratwan mengungkapkan, pertemuan itu sengaja dilakukan untuk mendoorng Bawaslu Maluku menjalankan tugasnya selama tahapan pilkada serta untuk mensinergikan tugas dan wewenang Bawaslu Maluku dan Polri.

“Sinergitas polisional artinya apa saja tugas-tugas Bawaslu yang perlu disenergikan dengan tugas-tugas kita apabila ada tantangan kita dikusikan ya seperti contoh tadi kita berbicara tentang apabila ditemukan data DPS yang berbeda,”ungkap Andap Budhi.

Dia menjelaskan, dalam pertemuan itu pihaknya ikut memberikan sejumlah masukan kepada Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik agar berbagai persoalan yang berpotensi menimbulkan masalah bisa diselesaikan lebih awal.

“Bawaslu sebagai pengawas tentu harus memberikan masukan kepada teman-teman penyelenggara sehingga pada akhirnya nanti pada tanggal 27 kita sudah clear tidak ada lagi masalah setelah DPS pemilih sementara ditetapkan itu tidak ada data yang berbeda jauh kira-kira seperti itu,”paparnya.

Dia juga menjelaskan, sebagai daerah yang memiliki geografis yang terdiri dari pulau-pulau maka penyelenggara pemilu sudah harus memikirkan distribusi logistik pemilih termasuk bagaimana mekanismenya dan apa moda transportasi yang akan dipakai.

“Kita juga berbicara tentang berbagai catatan dari Bawaslu dari kepolisian itu sendiri jangan sampai ada beberapa pengalaman yang tidak baik ya jangan sampai terluang lagi mari kita sama-sama melihat masalah itu,”ungkapnya.

Andap Budhi mengaku pihaknya polisi sendiri akan membantu semaksimal mungkin tugas penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu untuk mengsukseskan Pilkada di Maluku. Termasuk menjamin keamanan saat berlangsungnya pilkada. (SMN)

Kapolda, Irjen Pol Andap Budi Revianto bersama Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Elly

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top