AMBOINA

Jasa Raharja Sosialisasi Pentingnya Asuransi di SMA 1 Ambon

Kepala Jasa Raharja Maluku, Marganti Sitinjak saat menyampaikan materi sosialisasi kepada siswa SMA Negeri 1 Ambon, Rabu (18/10/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-PT Jasa Raharja Cabang Maluku menggelar kegiatan sosialisasi tentang pentingnya asuransi dan peran Jasa Raharja kepada para siswa di SMA Negeri 1 Ambon, Rabu (18/10/2017).

Sosialisasi yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Asuransi itu diikuti puluhan siswa sekolah tersebut. Dalam sosialisasi itu sejumlah siswa yang dinilai aktif selama proses diskusi berlangsung ikut diberikan souvenir dan helm dari pihak Jasa Raharja Maluku.

Kepala Cabang Jasa Raharja Maluku, Marganti Sitinjak saat memberikan pemaparannya, mengungungkapkan sosialisasi yang diberikan pihaknya di SMA Negeri 1 Ambon itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa agar lebih mengetahui pentingnya asuransi.

“Kami datang ke sekolah untuk menyampaikan sedikit soal ilmu asuransi bagaimana memahaminya. Ada dua hal pokok yang harus dipahami untuk menjaga keuangan kita yang pertama menabung dan satunya lagi asuransi,”kata Marganti.

Dia menjelaskan dengan ikut asuransi maka setiap masyarakat akan lebih terjamin baik dari sisi jaminan kesehatannya maupun dalam bentuk lainnya. Khusus untuk Jasa Raharja, Marganti mengemukakan bahwa perusahan milik negara tersebut adalah badan usaha milik negara diberikan kewenangan oleh undang-undang untuk membayar santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas.

“Jasa Raharja itu adalah badan usaha milik negara yang memegang peranan membayar hak santunan yang diatur dalam Undang-undang nomor 33 tahun 1964 dan nomor 34 tahun 1964 tentang dana pertanggungan wajib kecelakaan lalu lintas jalan,”paparnya.

Marganti juga ikut mengsosialisasikan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15 dan 16 tahun 2017 tentang besar santunan dan iuran wajib dana pertanggungan kecelakaan yang yangs ecara resmi mulai diberlakukan pada tanggal 1 Juni 2017 lalu.

Melalui permen tersebut, terhitung sejak tanggal 1 Juni 2017, santunan kecelakaan Jasa Raharja naik menjadi 00 persen. Rincian kenaikan santunan itu meliputi santunan kepada ahli waris korban meninggal dari Rp 25 juta menajdi Rp 50 juta, biaya perawatan dan pengobatan korban naik dari Rp 10 juta menjadi Rp 20 juta. Sementara itu biaya penguburan juga naik dari Rp 2 juta menjadi 4 juta.

Adapun santunan bagi korban cacat masih tetap sesuai dengan persentase tertentu dari santunan kematian yang naik 100 persen. Selain itu, terdapat pula manfaat baru yang diberikan kepada korban kecelakaan meliputi biaya pertolongan pertama paling besar Rp 1 juta dan penggantian biaya untuk membawa korban ke fasilitas kesehatan Rp 500.000.

Sosialisasi itu sendiri berjalan sangat cair, karena para peserta sangat aktif dalam memberikan pertanyaan saat sesi tanya jawab berlangsung.
Sementara Kepala SMA Negeri 1 Ambon Dra. C Mustamu, M.Pd mengaku sangat berterima kasih dengan kegiatan sosialsiasi tersbebut di sekolahnya.

Dia menejlaskan sosialisasi itu sangatlah penting karena banyak masyarakat khsuusnya generasi muda dan pelajar belum memahami tentang pentingnya asuransi.

“Kami berterima kasih sekali kepada Jasa Raharja atas sosialisasi ini, karena banyak masyarakat indonesia khususnya generasi mudah termasuk saya baru menyadari sungguh betapa pentingnya asuransi karena dengan ikut asruansi maka kita terjamin,”ungkapnya.

Dia mengatakan kecelakaan sangat tidak diinginkan oleh siapapun, namun musibah sering kali datang tanpa diduga sebelumnya, karena itulah asuransi sangatlah penting.

“Kita tidak menginginkana danya kecelakaan tapi musibah itu sering datang tanpa diduga nah kalau terjadi kecelakaan dan kita tidak punya asuransi dan uang maka kita akan ditolak,”sebutnya. (SMN)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top