by

Kapal Motor Pengangkut Jamaah Haji Terbalik, 1 Penumpang Meninggal Dunia

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Sebuah kapal motor bernama Pela Permai II yang mengangkut rombongan calon jamaah haji mengalami musibah di perairan Tanjung Kayu Putih, antara Desa Pela dan Desa Batujungku Kecamatan Batabual Kabupaten Buru,Selasa (10/7/2018).

Musibah yang terjadi sekitar pukul 09.00 WIT itu mengakibatkan seorang penumpang yang ikut mengantar calon calon jamaah haji yang diketahui bernama Lamaitindo meninggal dunia. Kapal motor jenis longboat itu sebelumnya berlayar dari Dusun Namsugi Desa Ilat Kecamatan Batabual pada Selasa pagi.

Namun dalam perjalanan, kapal yang dinahkodai Azis Bessy tersebut terbalik hingga seluruh penumpang tercebur di laut. Kapal motor nahas tersebut sendiri saat itu mengangkut sebanyak 47 orang ditambah tiga anak buah kapal (ABK).

“Ada 47 penumpang yang ikut terbalik dengan kapal tersebut di di perairan Tanjung Kayu Putih, antara Desa Pela dan Desa Batujungku,”kata Kapolres Pulau Buru, AKBP Aditya Budi Satrio.

Dia menejlaskan, para penumpang kapal tersebut saat itu sedang mengantar calon jemaah haji bernama Abdurahman menuju Kota Namlea.

Menurut Aditya kecelakaan kapal tersebut terjadi setelah kapal motor itu menabrak kayu besar sehingga merusak tiga mesin kapal. Dalam keadaan panic kata Aditya para penumpang langsung melompat ke laut.

Dia menambahkan dalam kejadian itu, sebanyak 46 penumpang bersama tiga ABK selamat setelah dievakuasi tim Sar, Satuan Polisi Air, aparat Polres Pulau Buru dan Polsek Batabual serta dibantu oleh masyakat setempat.

Kapolres mengaku kapal motor tersebut kini sudah ditarik ke pantai. Sementara itu para korban selamat dan korban meninggal langsung dievakuasi ke Pelabuhan Namlea dengan menggunakan Kapal Motor Cantika.

Dia juga menambahkan bahwa nahkoda kapal tersebut telah diamankan untuk menjalani pemeriksaan di Kantoir Polres Pulau Buru.
“Nahkoda kapal telah diamankan dan langsung diperiksa, saat ini masih dalam proses penyelidikan,”ujarnya. (SMJ)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI