by

Kapolda Maluku Pantau Arus Mudik Lebaran di Tiga Pelabuhan Penyeberangan

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa meninjau persiapan mudik lebaran di tiga pelabuhan penyeberangan di wilayah Pulau Ambon yakni di Pelabuhan Hurnala dan Pelabuhan Laut Tulehu serta dermaga penyeberangan Hunimua, Kecamatan Salahutu, Senin (27/5/2019).

Tiga pelabuhan penyeberangan yang didatangi Kapolda tersebut merupakan pintu masuk keluar barang dan orang dari dan menuju tiga kabupaten di Pulau Seram.

Dalam peninjauan itu, Kapolda ikut didampingi Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Teguh Suwarno dan Kepala Syahbandar Hunimua, Rifai Ibrahim serta petugas KSOP Ambon.

Menurut Kapolda demi memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada para pemudik melalui jalur penyeberangan laut, maka pihak berwenang harus dapat mempersiapkan armada dan juga alat keselamatan dengan baik.

“Yang harus dilihat adalah kesiapan kapal maupun sarana pendukung keselamatan yang tersedia,”kata Royke saat melakukan peninjauan di dermaga Hunimua.

Menurutnya pihaknya juga akan membentuk posko pelayanan lebaran di setiap pelabuhan termasuk di dermaga penyeberangan Hunimua untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama arus mudik hingga arus balik lebaran.

“Posko pelayanan mudik lebaran juga akan dibangun di setiap pelabuhan seperti tahun-tahun yang lalu,”ujarnya.

Kepala Syahbandar Hunimua, Rifai Ibrahim mengatakan ada empat kapal fery yang akan beroperasi untuk melayani mudik lebaran di pelabuhan penyeberangan Hunimua. Keempat kapal tersebut yakni KMP Ferry Tanjung Wako, KMP Ferry Inalika, KMP Ferry Terubuk dan KMP Ferry Rokatenda. Keempat kapal ferry tersebutakan berlayar selama 13 kali sehari.

“Ada empat unit KMP Ferry untuk kunjungan ke Waipirit selama sehari 13 kali. Kalau lebaran disesuaikan, kita biasa ekstra trip dari tiga menjadi empat kali dan disiagakan KMP Dolosi untuk tidak terjadi penumpukan,” jelasnya.

Sementara itu KMP Feri tujuan Hunimua- Masohi akan beroperasi tiga kali seminggu, yaitu hari Jumat, Sabtu dan Minggu yang diberangkatkan pada pukul 14.00 Wit. (SMJ)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI