by

Kapolda Maluku Pelopori Hari Tanpa Kendaraan Bermotor

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Kapolda Maluku, Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa, mempelopori  program sehari tanpa kendaraan bermotor bagi seluruh personel Polda Maluku.

Kebijakan itu resmi diberlakukan dengan ditandai aksi bersepeda oleh Kapolda Maluku dan Wakapolda Maluku, Brigjen Pol. DR. Akhmad Wiyagus, SIK, MSi, MM, Irwasda Kombes Pol Purwolelono, SIK, MM dan para pejabat utama (PJU) Polda Maluku lainnya dengan ke kantor, Selasa (2/10/2018) hari ini.

Dengan program tersebut, maka setiap Hari Selasa setiap personel Polda Maluku tidak diwajibkan menggunakan sepeda motor saat ke kantor. Sebagai gantinya, Anggota Polda Maluku yang memiliki kendaraan roda dua diminta untuk naik angkot, sepeda atau jalan kaki.

Program tersebut  diharapkan dapat mengatasi kemacetan dan  mengurangi polusi udara serta meningkatkan kesehatan. Aksi bersepeda para pejabat utama Polda Maluku dengan mengenakans eragam dinas lengkap itu menjadi hal yang langka karena baru pertama kali dilakukan di Maluku.

Peristiwa unik itu mengundang perhatian warga Kota Ambon. Jenderal Bintang Dua ini bersepeda dari rumah dinasnya, di Kawasan Asrama Brimob, Tantui menuju Mapolda Maluku, di kawasan Batu Gajah.

“Jadi nanti setiap hari Selasa, kami tidak akan mengendarai kendaraan bermotor untuk pergi ke kantor. Itu merupakan program sehari tanpa sepeda motor,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Muhamad Roem Ohoirat.

Menurut Ohoirat, Kapolda juga meminta jajarannya maupun masyarakat untuk tidak malu ke kantor tanpa mengendarai kendaraan dinas, ataupun kendaraan pribadi.”Kalau rumahnya dekat dengan kantor bisa berjalan kaki, atau naik sepeda, atau naik becak. Kalau rumahnya jauh bisa naik angkot,” terangnya.

Program sehari tanpa kendaraan bermotor ini diharapkan dapat memotivasi seluruh elemen masyarakat sehingga terciptanya “Transportasi Sehat Merakyat”.

“Jadi selain dapat mengatasi kemacetan, program ini juga bagian dari cara hidup sehat. Dimana, polusi udara yang dihasilkan dari knalpot kendaraan berkurang. Selain itu, mengayuh sepeda atau berjalan kaki juga bagian dari olahraga,” jelasnya.

Tak hanya berkantor menggunakan sepeda, mantan Kakor Lantas Polri ini juga melaksanakan kunjungan kerja ke kantor KPU Maluku, Jalan Sultan Hassanudin, Tantui Ambon, pukul 14.00 WIT.

Bersama para PJU Polda Maluku, rombongan mengayuh sepeda dari Mapolda Maluku dengan jarak tempuh kurang lebih 3,8 kilometer.

“Tadi sekitar jam 2, pak Kapolda mengunjungi kantor KPU Maluku di Tantui untuk bersilaturahmi. Pak Kapolda dan para PJU juga menggunakan sepeda,”. Kata Kabidhumas. (SMJ)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI