by

Karoke dan THM Tutup Selama 3 Hari di Bulan Ramadhan

loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah mengeluarkan kebijakan bagi para pelaku usaha di kabupaten tersebut untuk menutup usahanya selama tiga hari di awal Bulan Ramadhan 1440 Hijriah.

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengatakan penutupan sementara tempat hiburan malam (THM), rumah makan, karoke dan tempat-tempat usaha lainnya yang dapat mengganggu kekusuan umat muslim di bulan suci ramadhan.

“Sama seperti tahun-tahun lalu, untuk tahun ini kita akan menutup tempat hiburan malam, karoke dan juga rumah makan selama tiga hari di awal bulan puasa,”kata Abua saat dihubungi via telepon seluler,”Jumat (3/5/2019).

Sejauh ini kata dia pihaknya telah mengeluarkan surat edaran untuk para pelaku usaha di wilayah tersebut guna menutup usahanya selama tiga hari di bulan ramadhan 1440 Hijriah.

Menurut Abua langkah tersebut diambil untuk menghormati umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Ini sebagai wujud menjaga toleransi antarumat beragama. Kami juga mengimbau agar warga Maluku Tengah dapat menjaga persaudaraan dan saling menghormati di bulan ramadhan,”katanya.

Dia menambahkan setelah tiga hari pertama di bulan ramadhan, para pelaku usaha dapat kembali membuka usahanya baik usaha rumah makan, karoke maupun tempat hiburan malam. Meski begitu untuk tetap menghormati bulan puasa, para pelaku usaha diminta untuk dapat menjaga suasana khusyuh di bulan ramadhan.

“Misalnya rumah makan, setelah tiga hari tutup mereka harus menggunakan horden atau tirai untuk menutup tempat usahanya, atau karoke dan tempat hiburan malam tidak harus sampai terlalu larut dan membesarkan volume suara hingga mengganggu orang yang sedang beribadah,”terangnya.

Menurut Abua penutupan tempat usaha selama tiga hari di bulan ramadhan merupakan waktu yang telah ditetapkan. Bagi dia pelaku usaha harus menghormati bulan ramadhan, namun di sisi lain, ekonomi masyarakat juga harus tetap berjalan.

“Jadi ekonomi masyarakat harus berjalan namun harus juga ada penghormatan kepada mereka yang menjalankan ibadah puasa,”katanya. (SMJ).

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI