MALUKU

Kerabat Setnov Bantah Berburu Lahan di Tanimbar

Kecamatan Tanimbar Selatan
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Kerabat mantan Ketua DPR RI, Setya Novanta membantah telah membeli lahan seluas 100 hektar di Desa Wemratian, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) untuk kepentingan bisnis.

“Mengenai tanah seluas 100 hektar di Tanimbar Selatan kami tidak pernah membelinya. Jadi tidak benar kami memiliki lahan seluas 100 hektar di daerah tersebut,”kata Andre keponakan Stya Novanto melalui pesan WattsApp,”Rabu (17/1/2018).

Andre sebelumnya disebut telah membeli tanah seluas 100 hektar dari warga Tanimbar Selatan beberapa waktu yang lalu untuk kepentingan bisnis keluarga Setya Novanto. Menurut Andre, kedatangannya ke MTB saat itu bukan untuk membeli lahan, namun untuk kepentingan memenangkan Dharma Oratmangun yang saat itu maju dalam Pilkada MTB.

“Saat itu kami juga ikut dikukuhkan sebagai dan diangkat secara adat sebagai warga suku Tanimbar degan sebutan ‘Tampuk Aresyaman dan Lebitduan Akelyaman’,”ujarnya.

Dia membantah kalau kedatangannya ke MTB terkait kepentingan bisnis apalagi untuk memborong lahan warga di wilayah tersebut.

“Jadi kedatangan kami ke Saumlaki tidak ada kaitan dengan bisnis. Dan kekerabatan yang berlangsung dilandasi pada tata nilai yang sakral untuk sama-sama saling memberikan perhatian sesama anak bangsa dalam membangun Indonesia Tercinta yang penuh keragaman ini,”ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan keberadaan blog gas Masela membuat banyak warga dari luar Maluku mulai melirik wilayah tersebut untuk dijadikan lokasi bisnis di masa mendatang. Tak tanggung-tanggung banyak warga mulai berburuh lahan di kawasan tersebut.

Bahkan beredar kabar kalau keluarga dekat Stya Novanto ikut membeli lahan seluas 100 hektar di daerah tersebut. Namun hal itu dibantah oleh Andre keponakan Setya Novanto (SMJ).

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top