MALUKU

Ketua KPUD Ditolak, Pembentukan PPS di Kilmuri Gagal

Ketua KPUD Seram Bagian Timur, Junaidi Mahad

BULA,SERAMBIMALUKU.com-Penetapan puluhan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang dinilai beraroma kong kalikong berbuntut panjang.

Buktinya kedatangan Ketua KPUD SBT, Junaidi Mahad bersama romobongan di wilayah Kecamatan Kilmuri pada Jumat (17/11/2017) ditolak mentah-mentah oleh masyarakat setempat. Kedatangan Ketua KPUD SBT itu dalam rangka pembentukan Panitia Pemilihan Suara (PPS) PPDP dan KPPS. Namun karena ditentang warga, rencana tersebut akhirnya dibatalkan.

Salah satu tokoh pemuda Kecamatan Kilmuri, Amin Sopameten mengatakan, aksi penolaan dilakukan warga saat rombongan Ketua KPUD tiba di Kecamatan tersebut sekira pukul 17.00 WIT,”Penolakan warga ini adalah imbas dari kasus sebelumnya yakni penetapan anggota PPK oleh KPUD SBT beberapa hari lalu,”kata Amin melalui telepon selulernya, Sabtu malam.

Dia mengungkapkan, sebelum rombongan Ketua KPUD datang sebelumnya Ketua PPK Kilmuri Abdullah Vote terlebih dahulu mendatangi Kota Kecamatan dan berusaha menjelaskan kepada warga perihak rencana pembentukan PPS, PPDP dan KPPS di wilayah itu.

“Setelah itu pukul 17.00 sore Ketua KPUD dan sejumlah komisioner datang dengan speedboat namun saat turun di pantai kita langung melakukan penolakan,”ujarnya.

Dia menyebut warga marah dan melakukan aksi penolakan itu karena KPUD dinilai telah berbuat curang dalam penetapan anggota PPK. Selain masyarakat, sejumlah tokoh dan Kepala Desa di wilayah itu juga ikut melakukan penolakan.

“Jadi kami disini menolak adanya kantor PPK, kami juga tidak menginginkana danya aktivitas PPK disini,”ujarnya.

Dia mengatakan karena mendapat penolakan yang kuta dari warga, Ketua KPUD bersama rombongan langsung meninggalkan ibu kota kecamatan Kilmuri dan membatalkan rencana pembentukan PPS dan KPPS di wilayah itu.

“Hanya sekitar 30 menit Ketua KPUD langsung pergi Selor. Jadi sampai mala mini belum ada pembentukan PPS, PPDP dan KPPS disini,”ujarnya (SMG)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top