KRIMINAL

Korupsi Dana BOS, Mantan Pejabat MBD Dibui

Ilustrasi

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Majelis Haikm pengadilan Tipikor Ambon, Rabu (21/3/2018) memvonis bersalah mantan pengelola dana bantuan operasional sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Hermanus Likipera terkait penyelewenangan dana bos di kabupaten tersebut.

Dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan itu, Majelis Hakim yang diketuai Jimmy Wally memvonis bersalah Hermanus dengan hukuman 2,5 tahun penjara, karena terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001.

“Memvonis terdakwa dengan hukuman 2,5 tahun penjara,” kata Jimmy saat membacakan amar putusannya.

Selain hukuman penajara selama 2,5 tahun, majelis hakim juga menghukum terdakwa membayar denda sebesar Rp50 juta subsider dua bulan kurungan dan uang pengganti sebesar Rp400 juta.

Putusan majelis hakim ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Kacabjari Tual di Wonreli-Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya, yang meminta terdakwa dihukum lima tahun penjara, denda Rp200 juta subsider enam bulan kurungan penjara.

Hermanus terjerat kasus korupsi dana BOS pada tahun 2009 dan 2010. Dalam kasus tersebut kerugian Negara mencapai Rp 408 juta. Saat itu terdakwa sempat mengembalikan uang yang digunakannya namun yang dikembalikan hanya Rp 7,2 juta, sisanya tidak dikembalikan. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top