MALUKU

KPU Ingin Pilkada Damai ‘Rasa Orang Sudara” Terwujud di Maluku

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun saat menyampaikan paparannya dalam sebuah dialog di Rumah Kopi Lela di Jalan Samratulangi Ambon, Selasa (27/2/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku berkomitmen akan mewujudkan Pilkada damai rasa orang basudara di Maluku.

Untuk mewujudkan hal tersebut, KPU Maluku telah menggelar deklarasi Pilkada Damai yang dihadiri langsung oleh tiga pasnagan claon gubernur dan wakil gubernur serta para pendukungnya. KPU Maluku juga telah meluncurkan tagline ‘Beta Maluku’ di Pilkada Maluku menjadi simbol rasa persaudaraan.

“Sekali lagi kita sudah punya komitmen terhadap pilkada damai, jadi ada beberapa esensi yang yang kita gelorakan pertama adalah kampanye anti hoaks atau menyebar berita bohong, kedua kampenye anti sara dan ketiga kampenye anti politik uang,”ungkap Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun saat menyampaikan paparannya dalam acara dialog di Rumah Kopi Lela di Jalan Sam Ratulangi Ambon, Selasa (27/2/2018).

Selain Ketua KPU, acara dialog ini juga menampilkan sejumlah pembicara yakni Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku, Astuti Usman, dan Karo Ops Polda Maluku, Kombes Pol Gatot Mangkurat Putra.

Menurut Syamsul, peluncuran tagline ‘Beta Maluku’ oleh pihaknya bukanlah sebuah kebetulan, namun hal itu memiliki makna filosofi tersendiri dalam upaya mewujudkan Pilkada di Maluku yang damai dan dilandasi suasana persaudaraan.

“Slogan ‘Beta Maluku’ itu melegasikan bahwa semangat ornag basudara, beta maluku tidak keluar dari suku agama ras dan atar golongan itu menegaskan komitmen kita bahwa beta Maluku,”ungkapnya.

Selanjutnya kata dia ada juga tagline ‘Beta Memilih’ yang bermakna bahwa pemilih Maluku harus dapat menyalurkan hak demokrasinya di Pilkada nanti. Dan yang terakhir Beta Berdaulat yang juga memiliki esensi bahwa setiap pemilih harus berdaulat dalam menentukan pilihannya.

“Beta berdaulat ini sebagai sarana kedaulatan rakyat dalam menentukan pilihannya pada pilkada, jadi esensi pilkada berdaulat itu bahwa pilkada ini harus menyenangkan dan tidak mengkhawatirkan, pilkada harus aman dan damai,”katanya. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top