by

Kunjungi Tanimbar, Kapolda Maluku Lepas 9 Ekor Penyu di Laut

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Sebanyak sembilan ekor penyu di lepasliarkan di Pantai Lumasebu, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Sembilan satwa tersebut dilepasliarkan oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa saat orang nomor satu di Polda Maluku itu melakukan kunjungan kerja ke wilayah yang berbatasan langsung dengan Australia tersebut, pada Rabu (6/2/2019).

Saat melepas satwa-satwa yang dilindungi tersebut, Kapolda ikut didampingi, Ketua Bhayangkara Daerah Polda Maluku, Swanly Royke Lumowa dan sejumlah pejabat Polda Maluku lainnya.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat yang juga ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan sembilan ekor penyu yang dilepasliarkan itu merupakan pemberian para nelayan dari tiga desa di wilayah tersebut kepada aparat kepolisian secara sukarela.

“Peny-penyu itu diberikan oleh warga dan nelayan di desa Matakus, Wermatang dan Desa Olilit Raya kepada pihak kepolisian secara sukarela,”kata Roem saat ditemui di Kantor Polda Maluku, Kamis (7/2/2019).

Dia menjelaskan, penyu-penyu tersebut didapat warga saat melaut dan ada pula yang terjerat jaring nelayan. Sebelum diserahkan kepada polisi, sejumlah penyu sempat di pelihara oleh warga setempat.

“Ada yang pelihara juga tapi secara sukarela mereka serahkan kepada polisi selanjutnya di lepaskan kemarin oleh Pak Kapolda,”katanya.

Menurut Roem pelepasliaran sembilan ekor penyu tersebut dilakukan untuk melestarikan satwa laut itu agar tidak mengalami kepunahan.

”Kita tahu bahwa penyu itu merupakan satwa yang dilindungi, nah kita imbau masyarakat agar penyu-penyu itu jangan di bunuh tapi dilepasliarkan ke habitatnya,”ungkapnya.

Roem menambahkan selain melepasliarkan sembilan ekor penyu, dalam kunjungan tersebut Kapolda Maluku bersama rombongan juga ikut melakukan penghijauan di Danau Lorulun di Kecamatan Wer Tamrian.

“Setelah melepasliarkan penyu, Pak Kapolda dan rombongan menaanam seribu pohon torem di Danau Loruluan,”sebutnya. (SMJ)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI