by

Kuras ATM Milik Warga, Pegawai Lapas di Maluku Diringkus Polisi

loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Seorang pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tual, Maluku berinisial RHT (30) dijebloskan ke sel tahanan Polres Pulau Ambon setelah menguras kartu ATM milik sejumlah warga di Kota Ambon.

Dari hasil pemeriksaan, RT yang kini telah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polres Pulau Ambon ini diketahui telah melancarkan aksi kejahatannya itu sejak bulan Januari 2019 lalu.

“Tersangka melancarkan aksinya pertama kali pada awal bulan januari di ATM Mandiri di Talake. Saat itu pelaku berhasil menguras isi ATM milik korbannya sebesar Rp 4 juta,”ungkap Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon, Ipda Julkisno Kaisupy kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (11/3/2019).

Selanjutnya kata Kaisupy tersangka juga melancarkan aksinya di beberapa mesin ATM dan berhasil menggasak isi kartu ATM milik para korbannya. Menurut dia, tersangka melancarkan aksi kejahatannya itu, dengan cara mengelabui para korbannya. Dimana kartu ATM milik para korban dimasukan kedalam mesin ATM lalu lalu setelah dikeluarkan tersangka mengantinya dengan kartu ATM lain.

“Tersangka mengaku sebagai petugas Bank yang hendak memperbaiki mesin ATM, saat korbannya berada di dalam ATM tersangka kemudian mengaku kalau mesin ATM sedang gangguan dan selanjutnya dia pura-pura membantu korban. Namun ternyata dia mengambil kartu ATM milik korban dan menguras isinya,”ungkapnya.

Menurut Kaisupy aksi kejahatan tersangka terbongkar saat dia sedang mengincar salah satu korbannya di sebuah ATM di kawasan Talake Ambon. Saat itu, tersangka langsung dibekuk Satpam yang berada di lokasi kejadian dans elanjutnya diserahkan ke polisi.

“Dia ditangkap pada Sabtu dua hari lalu saat sedang melancarkan aksi kejahatannya itu, namun sebelumnya dia juga telah menipu banyak korban,”ujarnya.

Dari tangan tersangka, polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa hanphone dan dua kartu ATM. Atas perbuatannya itu, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHPidana tentang penipuan dan penggelapan. (SMK)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI