by

Kutukan Gunung Botak Berlanjut, 2 Petambang Emas Tewas Tertimbun

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Dua petambang illegal di kawasan Gunung Botak, Dusun Wamsait, Desa Dava, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru tewas tertimbun saat beraktivitas di kawasan tersebut.

Kedua korban tewas yakni Ner (30) asal Jawa Barat dan Luther Lehalima (43) warga Desa Skilale. Keduanya tewas pada Jumat (3/8/2018) malam setelah tertimbun material galian di kawasan itu. Saat kejadian itu kedua korban sedang berada di dalam lubang galian.

Selain korban tewas, dua petambang illegal lainnya yakni Bani (41) dan Aji (42) yang merupakan rekan korban ikut terluka dalam musibah tersebut.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat mengatakan salah satu korban tewas berasal dari Jawa Barat,“Kalau dua korban lainnya itu ikut mengalami luka ringan,”ujarnya, Sabtu (4/8/2018).

Ohoirat menjelaskan, lokasi terjadinya kecelakaan tersebut berada di Peti Pagar Seng atau di lokasi dompleng milik Lis Towely. Dia mengatakan sebelum kecelakaan itu terjadi, lampu penerang yanga da di dalam lubang mati.

“Saat itu lampu penerangan tiba-tiba padam dan beberapa saat sekira pukul 22.00 WIT material galian langsung ambruk menutup mereka,”ujarnya.

Ohoirat menerangkan, sejumlah petambang yang mengetahui kejadian itu langsung berusaha menolong para korban. Namun nahas dua korban tidak dapat terselamatkan. Saat ini kata dia kedua korban tewas telah dimakamkan.

Kapolres Pulau Buru, AKBP Adityanto Budi Satrio yang dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dia mengaku dua korban tewas dalam kejadian itu dan dua petambang lainnya mengalami luka-luka.

Menurutny Adityanto, setelah mendapatkan laporan kejadian tersebut, polisi langsung mendatangi lokasi kejadian dan membantu mengevakuasi kedua korban. Selanjutnya polisi kemudian menutup areal tersebut.

“Lokasi kejadian ditutup dengan garis polisi untuk kepentingan penyelidikan,”ujarnya.

Kasus penambang tertimbun longsor di Gunung Botak bukan baru pertama kali terjadi, namun sudah berulang kali. Entah berapa banyak petambang yang telah tewas dalam lubang galian saat mencari emas di kawasan tersebut.

Yang jelas, kawasan tambang Gunung Botak masih menjadi kawasan yang tidak ramah terhadap para petambang illegal yang beraktivitas di kawasan tersebut. (SMK)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI