by

Lewat Kompetisi Milenial U-23, Kapolda Ingin Bangkitkan Sepak Bola Maluku

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa membuka tournamen sepakbola milenial U-23 di Stadion Mandala Remaja, Karang Panjang Ambon, Minggu sore (27/1/2019).

Sebanyak 12 tim ikut dalam kompetisi memperebutkan piala bergilir Kapolda Maluku tersebut. Mereka akan berjibaku di lapangan hijau hingga 10 Februari 2019 mendatang.

Pembukaan tournament diawali dengan pertandingan eksebisi antara sejumlah mantan pemain legendaris dari PSA Ambon dan Tulehu Putra.

Sebelum pertandingan eksebisi itu dimulai, Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa terlebih dahulu menendang bola tanda kompetisi tersebut resmi dimulai.

Dalam sambutannya, Mantan Manager Bhayangkara FC ini mengatakan Maluku merupakan gudang pemain sepak bola berbakat dan sangat potensial. Karena itu sudah sepatutnya dunia sepakbola di tanah Maluku harus dapat lebih maju lagi.

“Saya rasa kita semua sependapat bahwa sepakbola di Maluku ini harus kita kembangsuburkan, harus kita bangkitkan,”ungkap Royke

Meski Maluku selalu melahirkan banyak pesepakbola nasional, namun kompetisi sepakbolah di Maluku tidak berjalan alias mati suri, bahkan Maluku tidak mampu menembus kompetisi kasta tertinggi di tanah air seperti daerah lain.

Royke pun mengajak semua pemangku kepentingan yang ada di daerah tersebut untuk bahu membahu mewujudkan cita-cita bersama yaitu membawa sepakbola Maluku menembus liga 2 ataupun liga 1 Indonesia.

“Karena adik-adik banyak main bola di pinggir jalan. Tidak ada yang mewakili Maluku masuk liga 2, atau liga 1. Kita harus bisa,” pinta Kapolda.

Kapolda menambahkan orang Maluku banyak memiiki bakat dan potensi dalam sepakbola. Tapi sayang, banyak pemain muda handal tidak mampu membawa perwakilan Maluku menembus tournamen bergengsi di Indonesia.

“Masa hanya ada Persipura, Serui (Papua) yang masuk liga one. Masa PSM Makasar. Masa PSIS Semarang, dan PSMS Medan saja. Harus ada juga kesebelasan yang mewakili Maluku,” harapnya.

Royke mengaku ia memliki obsesi kedepan tim dari Maluku dapat menembus devisi utama liga Indonesia. Karena itu tournament yang digelar tersebut diharapkan dapat membakar semangat dan memotivasi setiap pemain dan pencinta sepak bola di Maluku untuk dapat bersama-sama membangkitkan sepak bolah di daerah itu.

“Cita-cita kita, bagaimana Maluku ada keterwakilannya di liga 2, liga 1 bahkan liga utama. Harus. Entah tahun berapa nanti. Dari sekarang harus disiapkan. Bagaimana mau berbuat kalau berfikir saja tidak. Berfikir dan berbuat baru bisa. Jangan bikin malu Ambon, Maluku. Kita banyak gudangnya pemain bola,” tegas Kapolda.

Pembukaan tournamen sepakbola milenial U23 Kapolda Maluku Cup di Stadion Mandala Remaja, turut dihadiri oleh Esko PSSI Dirk Soplanit, Asprov PSSI Maluku Sofyan Lestaluhu, Wakil Ketua Koni Maluku Agus Lomo.

Perwakilan Pangdam XVI/Pattimura, Perwakilan Danlantamal IX/Ambon, Wakapolda Maluku dan Pejabat Utama Polda Maluku juga ikut menghadiri pembukaan kompetisi sepakbola milenial U-23 tersebut.(SMJ).

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI