by

Lewat Paripurna Istimewa, Salim Alhamid Dilantik Sebagai Anggota DPRD PAW

BULA,SERAMBIMALUKU.com-Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) secara resmi menetapkan Salim Alhamid sebagai Anggota DPRD Antar Waktu (PAW), Senin (13/5/2019).

Salim ditetapkan sebagai Anggota DPRD antar waktu dari Partai Keadilan Sejahtera menggantikan Azis Alkatiri yang telah divonis 4,6 tahun penjara dan denda 200 juta subsider 2 bukan penjara karena terlilit kasus korupsi jembatan Gas di Kecamatan Tutuk Tolu, Tahun 2017.

Rapat paripurna istimewa proses PAW Salim Alhamid yang berlangsung di Aula Kantor DPRD SBT ini dipimpin langsung Ketua DPRD setempat, Agil Rumakat dan dihadiri seluruh fraksi di DPRD dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Proses pelantikan dan pengambilan sumpah diawali dengan pembacaan surat keputusan Gubernur Maluku bernomor 49 tahun 2019 tentang peresmian Pemberhentian Antar Waktu anggota DPRD Kabupaten SBT masa jabatan 2014-2019 dan Keputusan Gubernur nomor 50 tahun 2019 tentang pengresmian pengangkatan Pergantian Antar Waktu anggota DPRD Kabupaten SBT sisa masa jabatan 2014-2019.

Surat tersebut dibacakan oleh Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD SBT Fauzi Saflud.

Selanjutnya pengambilan sumpah dan janji jabatan dilakukan oleh Ketua DPRD SBT Agil Rumakat terhadap Salim Alhamid.

Menurut Agil Rumakat PAW tersebut merujuk pada peraturan pasal 110 ayat 1 peraturan anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur yang menjelaskan bahwa pergantian antar waktu anggota DPRD dapat dilaksanakan apabila anggota DPRD meninggal dunia, mengundurkan diri atau di berhentikan berdasarkan ketentuan undang-undang.

Rumakat mengatakan dengan ketentuan tersebut maka proses pergantian antar waktu anggota DPRD Kabupaten SBT atas nama Salim Alhamid telah melakukan tugasnya untuk menggantikan Beder Azis Alkatiri dari Partai Keadilan Sejahtera melalui surat keputusan Gubernur Maluku.

Rumakat juga menjelaksan pasal 121 ayat 1 peraturan tata tertib DPRD Kabupaten SBT di jelaskan bahwa anggota DPRD pergantian antar waktu sebelum memangku jabatan akan di lakukan sumpah dan janji dalam rapat paripurna istimewa.

“Saya berharap di sisa masa jabatan yang cukup singkat ini saudara dapat memanfaatkan dengan baik untuk bekerja dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Usai rapat istimewah tersebut dilanjutkan dengan buka puasa bersama semua Anggota DPRD Kabupaten SBT beserta staf dengan seluruh undangan yang hadir dalam rapat tersebut.

Wacana PAW terhadap Berder Alkatiri sempat menjadi polemik di internal partai hingga viral di media sosial.(lee)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI