AMBOINA

Longsor Putus Akses Jalan di Leitimur Selatan, Dinas PU Kota Ambon Segera Bangun Jalan Darurat

Lokasi musibah longsor di Desa Kilang, Kecamatan Leitimur Selatan, Sabtu (19/5/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Dinas Pekerjaaan Umum Kota Ambon akan segera memperbaiki ruas jalan yang terkena musibah longsor di Desa Kilang Kecamatan Leitimur Selatan agar masyarakat di wilayah itu dapat kembali beraktifitas seperti biasa.

Bencana longsor yang terjadi di kawasan tersbeut pada Sabtu (19/5/2018) telah  memutus akses transportasi sejumlah desa di wilayah itu ke Kota Ambon maupun sebaliknya. Menyikapi kondisi tersbeut, Dinas PU Kota Ambon melalui Bina Marga telah melakukan survey ke lokasi bencana dan segera membangun jalan darurat di kawasan tersebut.

“Jadi memang sejak kemarin kita sudah lihat jalan itu hamper putus dan katong sudah bikin perhitungan segala macam dan ternyata hari ini jalan itu putus, tadi  sudah disurvei dari teman-teman dari Bina Marga di PU dan mereka tadi langsung melakukan perencanaan,”kata Kepala Dinas PU Kota Ambon, Enrico Matitaputty kepada Serambi Maluku, Sabtu malam.

Dia menjelaskan,  setelah disurvei, pihaknya akan mengusulkan kepada Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy agar segera ditindaklanjuti.

Menurut dia akses jalan utama yang terkena musibah longsor itu merupakan ruas jalan yang snagat vital bagi warga sejumlah desa di wilayah Leitumur Selatan, karenanya langkah perbaikan akan segera dilakukan.

“Setelah musibah longsor tersebut aktivitas warga dari Leitimur menuju Kota Ambon dan sebaliknya lumpuh total, sehingga harus dilakukan langkah penanggulangan,”katanya.

Dia mengungkapkan, saat ini untuk mengatasi masalah yang dihadapi warga di Kecamatan Leitimur Selatan mala pihaknya akan membangun jalan darurat untuk sementara. Jalan darurat itu diharapkan mampu mengatasi masalah yang dihadapi warga saat ini.

“Beta (saya) kira itu menjadi prioritas ya, paling mungkin penanganan sementara itu kita memakai bronjong dulu kemudian kita timbun agar masyarakat bisa lewat,”sebutnya.

Terkait musibah itu dia mengaku pihaknya juga telah berkoordinasi dengan BPBD Kota Ambon untuk penanganan jalan tersbeut.

“Kita sudah koordinasi dengan BPBD juga terkait dengan pelaksanaannya seperti apa, apakah akan dilakukan  secara darurat oleh BPBD atau PU itu tidak jadi soal yang penting jalan itu segera diperbaiki,”katanya.

Dia menambahkan untuk saat ini penanganan ruas jalan yang ambrol itu akan dilakukan secara daurat dulu. Menurutnya pembangunan secara permanen kemungkinan baru akan dilakukan pada tahun depan.

“Kalau kita bicara permanen berarti kita bicara soal perencanaan, kita akan prioritaskan tapi tahun ini sudah tidak mungkin untuk permanen mungkin tahun depan akan dibangun. Yang penting masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti semula,”ujanrya. (SMK)

 

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top