MALUKU

MBD Kirim 288 Peserta, Buru Hanya 27 Peserta

Peserta Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-10 tingkat Provinsi Maluku saat menggelar defile di lokasi pembukaan, di depan Kantor Bupati SBB Minggu malam (19/11/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat provinsi Maluku ke-10 yang berlangsung di Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) resmi dibuka oleh Gubernur Maluku, Said Assagaff, Minggu malam (19/11/2017).

Ribuan peserta dari 11 kontingen ikut memperkenalkan diri kepada para tamu undnagan melalui defile sambil berjalan di depan panggung kehormatan. Tercatat sebanyak 2.177 peserta akan ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Ketua Panitia Pesparawi, Yus Akerina dalam laporannya menyampaikan ribuan peserta itu akan mengikuti 10 jenis lomba, yakni paduan suara campuran diikuti 9 daerah, paduan suara remaja pemuda 8 daerah, paduan suara anak 7 daerah, paduan suara laki-laki sejenis 8 daerah, dan paduan suara wanita 9 daerah.

Adapun untuk solo usia 6-8 diikuti akan 10 daerah, solo usia 9-12 diikuti 11 daerah, remaja wanita 10 daerah, remaja laki-laki 10 daerah, vokal grup 9 daerah, dan eksebisi musik pop gereja diikuti 6 daerah.

“Jumlah peserta dalam Pesparawi kali ini sebanyak 2.177 peserta,”kata Akerina saat menyampaikan laporannya.

Dari jumlah itu, kontingen yang paling banyak mengirimkan pesertanya berasal dari Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dengan jumlah peserta sebanyak 288, selanjutnya Kabupaten Maluku Tenggara 271 orang, Kota Ambon 262 orang, Maluku Tengah 251 orang, Kota Tual 241 orang dan tuan rumah SBB sebanyak 240 orang.

Adapun Kabupaten Maluku Tenggara Barat 180 orang , Kepualaun Aru sebanyak 137 orang, Buru Selatan sebanyak 15 orang, Seram Bagian Timur sebanyak 79 orang dan Kabupaten Buru hanya mengirimkan 27 orang.

Menurut Akerina seluruh lomba akan dipusatkan di tiga tempat, yakni untuk paduan suara di gedung Nunusaku Center, vokal grup dan solo di gedung Hatutelu, dan eksebisi musik pop gereja di lokasi pameran.

Selain pelaksanaan lomba Pesparawi juga dilaksanakan pameran potensi dan produk unggulan daerah yang diikuti 4 kabupaten/kota, instasi pemerintah, BUMN, BUMD dan pengusaha, yang terdiri dari 47 stand. (SMG)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top