MALUKU

MDW Ingatkan KPU Maluku Bersikap Transparan

Belasan pemuda dari Moluccas Development Watch (MDW) berunjuk rasa didepan Kantor KPU Maluku, Rabu (24/1/2018).
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Belasan pemuda yang menamakan diri Moluccas Development Watch (MDW) berunjuk rasa didepan Kantor KPU Maluku, Rabu (24/1/2018).

Dalam aksi tersebut, para pendemo meminta KPU Maluku agar lebih independen dan transparan dalam menjalankan tugasnya terkait proses penelitian dan pemeriksaan berkas dukungan pasangan bakal calon Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT).

“KPU Maluku harus independen dan transparan dalam menjalankan tugasnya. Sebagai masyarakat kita bingung dengan proses yanga da saat ini,”kata Koordinator Aksi, Kristian Sea saat menyampaikan orasinya.

Dalam orasinya itu dia juga meminta agar KPU Maluku dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku tanpa harus berpihak kepada kepentingan manapun.

“Harus dipastikan semua proses dapat berjalan sesuai prosedur, agar Pilkada Maluku dapat berlangsung secara demokratis,”katanya.

Menurut pendemo proses penelitian dan pemeriksaan hingga verifikasi berkas dukungan pasnagan HEBAT selama ini terkesan membingungkan masyarakat, karenanya mereka meminta KPU lebih transparan lagi.

“KPU harus selalu mempublikasikan setiap perkembangan yang dilakukan di mediaagar masyarakat bisa lebih paham,”pinta para pendemo.

Dalam tuntutannya, para demonstran juga mendesak pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku agara secara ketat mengawasi proses tahapan Pilkada Maluku di KPU. Agar semua proses dapat ebrlangsung secara demokratis.

Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun yang menerima para pendemo mengaku selama ini KPU menjalankan tugasnya dengan mengacu kepada ketentuan yang berlaku serta tidak memihak kepada calon tertentu.

Aksi demo ini sendiri ikut mendapat pengawalan ketat dari puluhan aparat kepolisian yang berjaga di Kantor KPU Maluku. Usai mendengarkan penjelasan Ketua KPU Maluku, para pendemo kemudian membubarkan diri. (SME)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top