POLITIK

Menang Hitung Cepat, Ribuan Pendukung BAILEO Langsung Turun Jalan

Pawai ribuan pendukung pasangan Baileo di Kota Ambon, Rabu (27/6/2018)
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Ribuan pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku, Murad Ismail-Barnabas Orno langsung berkonvoi di jalan-jalan di Kota Ambon setelah hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei memenangkan pasangan dengan jargon Baileo tersebut, Rabu (27/6/2018).

Ribuan warga yang melakukan konvoi ini tersebar di beberapa titik di Kota Ambon. Mereka menggelar konvoi sambil membawa atribut pasangan calon, bendera partai pengusung dan meneriakan yel-yel kemenangan pasangan Baileo di sejumlah jalan yang dilintasi.

“Maluku punya gubernur baru, hidup Baileo, Baileo gubernur baru,”teriak para pendukung Baileo saat melintas di jalan Jenderal Sudirman, Rabu petang.

Berdasarkan pantauan di lapangan arak-arakan ribuan pendukung pasangan Baileo ini sempat memacetkan sejumlah ruas jalan utama di kota Ambon, seperti di kawasan jalan Tulukabessy, jalan AY Patty dan sejumlah kawasan lainnya. Para pendukung pasangan Baileo yang larut dalam kegembiraan ikut membunyikan klakson dan meneriakan gubernur baru Maluku.

Untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan terjadi, ratusan aparat kepolisian ikut melakukan pengamanan terhadap konvoi para pendukung pasangan tersebut.

Selain di Kota Ambon, konvoi yang sama juga dilakukan pendukung pasangan Murad-Orno di wilayah Kecamatan Leihitu, Maluku Barat Daya, Kepulauan Aru dan sejumlah daerah lainnya.

Pasnagan Baileo yang didukung PDI-Perjuangan, Partai Gerindra, Hanura, PKB, NasDem, PKPI, PAN dan PPP unggul mutlak berdasarkan hasil hitung cepat lembaga Konsultan Citra Indonesia (KCI)-Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dengan persentase 40,90 perse.

Adapun pasangan petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun (Santun) berada diposisi kedua dengan raihan 31,58 persen, sementara pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (Hebat) 27,52 persen. (SMK)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top