NASIONAL

Menanti Lahirnya Sang Pemimpin Baru di HMI

Sidnag paripurna pembahasan hasil rapat komisi oleh peserta Kongres HMI di Auditorium Universitas Pattimura Ambon, Sabtu (24/2/2018) dinihari

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Sejak dibuka secara resmi oleh Preiden Joko Widodo, Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-30 di Kota Ambon kini telah memasuki hari ke-11. Meski begitu, peserta Kongres belum juga memilih siapa Ketua Umum HMI yang baru.

Hingga Sabtu malam ini peserta Kongres masih terus membahas hasil-hasil sidang komisi dalam rapat paripurna yang berlangsung di Auditorium Universitas Pattimura. Jika berjalan lancar maka, tidak menutup kemungkinan agenda pemilihan Ketua Umum akan dapat berlangsung malam ini.

Dari informasi yang dihimpun, pelaksanaan kongres bakal segera berakhir pada Minggu (25/2/2018) malam. Itu setelah para kandidat bersama mentor dan timnya masing-masing bersepakat untuk mempercepat agenda pemilihan formatur ketua umum.

Namun target itu masih bisa berubah karena dinamika yang terus dinamis serta masih adanya tarik ulur kepentingan antara kandidat dan tim.

Ketua Panitia Nasional Kongres HMI, Fauzi Marasabessy yang dikonfirmasi Serambi Maluku mengaku sesuai target jadwal pemilihan formatur Ketua Umum akan dilaksanakan pada Minggu pagi,”Targetnya itu minggu pagi semuanya sudah selesai,”kata Fauzi.

Menurutnya sejumlah kandidat bersama tim sudah beberapa kali melakukan pertemuan untuk memperlancar proses pemilhan. Selain itu para senior HMI juga terus berupaya agar pelaksanaan kongres dapat dipercepat mengingat Universitas Pattimura hanya memberikan waktu hingga Minggu pagi.

“Sudah ada pertemuan beberapa kali, senior-senior juga terus mendorong agar semua berjalan lancar jadi kita berharap semua bisa selesai Minggu pagi,”harapnya.

Sementara salah seorang tim salah satu kandidat yang enggan menyebut identitasnya mengaku, molornya jadwal pemilihan formatur Ketua Umum lantaran sejumlah kelompok atau kubu di HMI masih belum menyatu dan bersepakat untuk format koalisi.

“Masalahnya itu masih terjadi tarik menarik, kalau ini belum ketemu ya belum bisa dipastikan agenda pemilihan Ketua Umum sebentar malam akan berjalan sesuai rencana,”ujarnya.

Meski begitu dia berharap agar agenda pemilihan Ketua Umum dapat berlangsung pada Sabtu malam, mengingat kampus Universitas Pattimura akan kembali beraktivitas pada Senin pekan depan.

“Jangan sampai karena tarik ulur kepentingan kita korbankan mahasiswa Universitas Pattimura, jadi harapan kita bisa segera selesai,”harapnya.

Adapun 17 calon Ketua Umum HMI yang bertarung di Kongres HMI kali ini yakni Muh Ridal ( Makassar Timur), Agus Harta (Jakarta Selatan), Iswanto (Makassar Timur), Siti Aminah Amahoru (Ternate), Arifin (Bogo), R Saddam Aljihad (Jatinangor), Amijaya (Jayapura), Achyar Arrasyid, Asep Solahuddin Bandung dan Ilham Akbar Mustafa (Ciputat).

Selanjutnya  Fikri Suadu (Manado), Keni Novandri Saputra (Padang), Idris Pua Bhuku (Malang), Pahamuddin Cholik (Gowa Raya), Taufan Tuarita (Makassar Timur), Hari Azhar (Palembang) dan Ari Bahari (Jakarta Barat). (SMJ)

 

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top