MALUKU

Mendagri Minta Pemadam Kebakaran Tingkatkan Upaya Penyelamatan

Menteri Dlaam Negeri Tjahjo Kumolo saat melakukan inspeksi pasukan dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran Nasional ke-99 di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (1/3/2018) Foto: Humas Infokom Kota Ambon

AMBON ,SERAMBIMALUKU.com-Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta seluruh jajaran Pemadam Kebakaran di seluruh Indonesia untuk lebih professional dan lebih meningkatkan kinerjanya dalam  memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Permintaan tersebut disampaikan  Tjahjo saat memberikan sambutan dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran ke-99 yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Kamis (29/2/2018).

“Kepada jajaran Pemadam Kebakaran yang memperingati HUT ke-99 tingkatkanlah profesionalisme, kedepankan upaya-upaya penyelamatan manusia dalam setiap bencana baik bencana kebakaran maupun bencan yang lain,”pinta Tjahjo.

Upacara HUT Pemadam Kebakaran iniikut  dihadiri oleh Direktur Jenderal (Dirjen) baik itu Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Dirjen Bina Admnistrasi Kewilayahan, Direktur Manajemen Penggulangan Bencana dan Kebakaran, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan sejumlah pimpinan SKPD Provinsi Maluku dan Kota Ambon.

Dia menjelaskan, jajaran pemadam kebakaran harus mampu mempertegas  komitmennya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, dan mewujudkan perlindungan kepada masyarakat dari berbagai ancaman kebakaran.

“Kami mengharapkan peran penting pemadam kebakaran itu tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya  tugas pemadam kebakaran yaitu melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan dari bergai ancaman bahaya kebakaran,”jelasnya.

“Urusan kebakaran ini merupakan bentuk dari inverstasi hadirnya Negara dalam perlindungan kepada masyarakat sesuai dengan amanat nawacita yang pertama yaitu menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman,tambahnya.

Dia juga mengajak jajaran pemadam kebakaran untuk tidak saja bertugas memadamkan kebakaran baik yang ada di wilayah perkotaan maupun hutan, namun turut aktif dalam mengorganisir masyarakat dalam setiap proses pembangunan.

Dia menjelaskan berdasarkan ketentuan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang pemerintah daerah, masalah kebakaran merupakan urusan wajib yang berkaitan langsung dengan pelayanan dasar di bidang ketentraman dan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

“Jadi urusan kebakaran ini setara dengan pelayanan dasar lainnya yaitu yang meliputi masalah pendidikan kesehatan pekerjaan umum dan perumahan rakyat serta masalah sosial lainnya,”sebutnya.  (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top